Bukan Masker, Ini Resep Ampuh Risma Tangkal Virus Corona

Nah jangan asal pakai masker

Surabaya, IDN Times - Pemerintah pusat hingga pemerintah daerah terus menyosialisasikan pencegahan virus corona atau Covid-19 kepada masyarakat. Tak luput, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini juga menyampaikannya pada acara International Women's Day (IWD) di Surabaya Creative Lab IDN Media, Sabtu (7/3).

Menurut Risma sapaan akrab wali kota, pencegahan terbaik corona bukan penggunaan masker. Melainkan kebersihan badan, utamanya pada bagian tangan. Ia pun mengajak masyarakat lebih rajin cuci tangan.

"Yang saya tekankan tangan, saya ngomong cuci tangan paling penting," ujarnya saat sambutan di depan audiens.

Cuci tangan juga tidak bisa asal-asalan, wali kota perempuan pertama di Surabaya ini mencontohkan gerakannya. Mulai dari membasuh telapak hingga membersihkan sela-sela jari dan kuku. "Bakterinya supaya mati," katanya.

"Bukan diucek-ucek aja," Risma menambahkan.

Lebih lanjut, apabila ada masyarakat pulang dari daerah teridentifikasi virus corona seperti Kota Wuhan, Tiongkok, ia mengimbau segera periksa ke rumah sakit terdekat. "Sebaiknya langsung berobat. Sebetulnya kalau (tanggap), segera kita (periksa), gak perlu takut," ucap Risma.

Wali kota dua periode ini mengaku bahwa dirinya juga rajin memeriksakan kondisi tubuhnya. Karena aktivitas yang dijalani memang padat. "Saya tiap hari periksa suhu saya berapa. Kita langsung ke RS. Saya segera ditangani insyaallah gak apa-apa," katanya.

Maka dari itu, Risma meminta masyarakat khususnya warga Surabaya tidak perlu panik berebut membeli masker. Dia berpesan agar menjaga kebersihan tangan. "Biasanya lupa ada tangan kita masuk ke mulut. Menurut saya paling penting kebersihan tangan kita," kata Risma.

Selain itu, Risma juga menginstruksikan warganya menanam empon-empon atau rempah-rempah di rumah. Karena komoditas ini berkhasiat menaikan imunitas tubuh sehingga bisa menangkal virus corona. Terlebih, harganya kian merangkak naik.

"Warga mulai nanem jahe, kunyit, serai. Ditaruh di pot bisa. Kalau negara dingin gak bisa. Tapi kita bisa. Minuman saya itu sejak dulu kala. Waktu saya sakit ditanya pernah minum obat apa. Saya jamu rutin dari saya sejak muda," ucapnya.

Baca Juga: International Women's Day 2020: Risma Masih Rajin Ngelap Sepatu Suami

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya