BMKG Sebut Jatim Mulai Musim Hujan, Hari Ini Ada Peringatan Dini

Sedia payung sebelum hujan guys!

Surabaya, IDN Times - Mayoritas wilayah kabupaten/kota di Jawa Timur (Jatim) mulai diguyur hujan sejak Minggu (31/10/2021). Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Juanda, Teguh Tri Susanto memastikan kalau Jatim sudah memasuki musim hujan.

"Secara umum Jatim memulai awal musim hujan ialah dominan pada bulan November," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (1/11/2021).

1. Keluarkan peringatan dini pada pagi-sore hari

BMKG Sebut Jatim Mulai Musim Hujan, Hari Ini Ada Peringatan DiniIlustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Perkiraan BMKG Juanda, sambung Teguh, Jatim akan diguyur hujan lagi sejak pagi hingga malam hari pada Senin (1/11/2021). BMKG pun mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat di beberapa kabupaten/kota supaya lebih berhati-hati beraktivitas di luar rumah.

"Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat," kata dia.

Baca Juga: Selama Sepekan, BMKG Catat 11 Gempa Bumi di Jateng, DIY hingga Jatim  

2. Kawasan Malang hingga Trenggalek diprediksi alami cuaca ekstrem

BMKG Sebut Jatim Mulai Musim Hujan, Hari Ini Ada Peringatan DiniPotensi La Nina di Indonesia ( ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Daerah-daerah yang mendapatkan peringatan dini antara lain, di wilayah Malang, Probolinggo dan Bondowoso cuaca ekstrem diprediksi pagi hari. Kemudian siang hingga sore di Mojokerto, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Kota Blitar, Kediri, Malang.

"Serta Kota Batu, Pasuruan, Probolinggo, Jember, Bondowoso dan Situbondo," ucapnya.

3. Malam hingga dini hari diprediksi aman

BMKG Sebut Jatim Mulai Musim Hujan, Hari Ini Ada Peringatan DiniJalan Ahmad Yani, Kota Surabaya dari udara. Dok. Humas Pemkot Surabaya

Sementara untuk malam hari, BMKG memperkirakan tidak terjadi cuaca ekstrem. Namun hujan masih masih mengguyur di beberapa wilayah dengan intensitas rendah alias gerimis tipis-tipis. "Malam hari diprakirakan cerah, berawan, Berkabut, dan hujan ringan-sedang. Dini hari, cerah, berawan, berkabut, dan hujan ringan," pungkasnya.

Baca Juga: Jelang Vonis, YLPK Jatim Sebut Stella Korban yang Sebenarnya

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya