Bidik Suara Perempuan Jatim, PKB Janji Kawal Isu Antipelecehan

Aaaah, yang bener?

Surabaya, IDN Times - Ketua Umum (Ketum) PKB, Abdul Muhaimin Iskandar melakukan penguatan partainya di Jawa Timur (Jatim) khususnya Surabaya. Salah satu yang dilakukan ialah menyasar suara pekerja perempuan dengan bertemu ratusan driver ojek online perempuan di Kantor PKB Jatim, Minggu (11/6/2023).

Ketika menemui driver ojol perempuan, Cak Imin—sapaan karibnya—berjanji akan memperhatikan isu-isu terkait perempuan. PKB juga akan memperjuangkan hak-hak perempuan di legislatif. Perhatian itu, kata dia, sudah ada dalam 11 janji kerja.

Dalam 11 janji kerja yang dimaksud, di antaranya mengentaskan kemiskinan sebagai pra syarat meletakkan Indonesia sebagai salah-satu negara maju. "Dari Jawa Timur kita antarkan Indonesia sebagai salah satu negara maju. Kendaraannya PKB, co pilot-nya saya," tegas dia.

Dalam kesempatan ini, Wakil Ketua DPR RI ini juga secara khusus menitipkan Caleg DPR RI Dapil Jatim I (Surabaya-Sidoarjo) Dita Indah Sari ke para ojek perempuan. "Saya titipkan betul dukungan dan sampaikan aspirasi ke Bu Dita ya untuk Caleg DPR RI," katanya.

"Bu Dita ini membela buruh dulu sampai ditangkap karena membela kebenaran. Bu Dita Indah Sari harus didukung sebagai Anggota DPR RI. Saya titip ya ibu-ibu para driver ojek yang saya banggakan. Mudah-mudahan memberi berkah ke kita semua," lanjutnya.

Dita Indah Sari menyatakan siap menerima mandat dari Gus Muhaimin untuk memperjuangkan aspirasi para driver ojek perempuan. “Saya juga memastikan kawan-kawan mbakyu ojek, dan driver online lainnya di Jawa Timur mendapatkan jaminan sosial yang memadai," kata dia.

"Jaminan sosial itu mereka butuhkan mengingat risiko pekerjaan yang mereka lakukan,” Dita menambahkan.

Kegiatan ini sekaligus menandai dimulainya kampanye anti-pelecehan seksual di tempat kerja. Kampanye ini akan menyasar perusahan dan pekerja di seluruh Indonesia guna memastikan tidak boleh lagi ada pelecehan seksual di lingkungan kerja.

“Menteri Ketenagakerjaan Mbak Ida Fauiyah sudah merilis Kepmen nomor 88 tentang anti-pelecehan seksual di tempat kerja. Saya akan bersama Cak Imin dan Mbak Ida untuk memastikan Kepmen ini berjalan. Saya tidak mau, dan saya yakin kita semua tidak mau lagi mendengar pekerja dilecehkan di lingkungan kerja. Tidak ada toleransi,” tegas dia.

Baca Juga: PKB Teratas di Jatim, PDIP, Gerindra, Nasdem dan Golkar Bersaing

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya