Bawean Berstatus Tanggap Darurat Bencana Gempa Selama 21 Hari

Logistik, material dan pasukan dikirim ke sana

Gresik, IDN Times - Bencana gempa bumi di Pulau Bawean ditetapkan statusnya menjadi tanggap darurat bencana selama 21 hari mulai 22 Maret hingga 11 April 2024. Penetapan status ini disampaikan oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani.

"Tanggap darurat bencana selama 21 hari dimulai 22 Maret hingga 11 April 2024 di Pulau Bawean," ujarnya, Senin (25/3/2024).

Tak hanya menetapkan status saja, pemerintah juga terus mengirim bantuan logistik, material hingga personel ke Pulau Bawean. Pemkan Gresik, kata Yani, memberangkatkan bantuan dari Kementerian Sosial berupa bahan pokok.

Kemudian juga Tim Tagana Dinas Sosial Kabupaten Gresik. “Mudah-mudahan bantuan ini bisa terlaksana dengan baik, kita doakan masyarakat Bawean terus dijaga dan terselamatkan, yang paling penting trauma healing tidak ada rasa kekhawatiran lagi bagi warga Bawean,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPBD Jatim, Gatot Soebroto mengatakan, pihaknya mengirimkan pasukan tambahan untuk membantu penanganan bencana gempa bumi di Pulau Bawean. Pasukan tambahan dari unsur Tagana dan sejumlah relawan.

"Kami mengirim tim dari Surabaya, Paciran (Lamongan), dan Gresik,” ungkap Gatot saat ditemui di Gedung Negara Grahadi.

Penambahan pasukan ini, kata Gatot, dilakukan karena cukup banyaknya yang terdampak. "Pemberangkatan tim pembantu pembersihan dan pemulihan baik Tagana maupun relawan. Tagana juga diperlukan untuk pembentukan dapur umum yang bisa dimanfaatkan untuk buka puasa, maupun kebutuhan lain seperti trauma healing, kemudian bersih-bersih,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga mengirimkan tambahan terpal untuk membantu warga yang mendirikan tenda pribadi di depan-depan rumah. Tak hanya itu, Pemprov Jatim juga mengirimkan bantuan 900 sak semen dan 7.000 genteng untuk membantu recovery bangunan retak yang dapat diperbaiki segera.

"Untuk pemprov kita bantu di awal untuk mendukung yang retak bisa diperbaiki segera, maka kami support semen dan genteng. Lalu, sesuai arahan Pak Pj Gubernur semua fasum mulai sekolah, masjid dan gedung desa kami bantu perbaikan sesegera mungkin,” pungkasnya.

Baca Juga: Warga Bawean Masih Rasakan Gempa, Belum Berani Kembali ke Rumah

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya