Bandara Dhoho Kediri Bakal Layani Arus Mudik dan Balik Lebaran

Ada dua maskpai yang sudah disetujui di bandara ini

Surabaya, IDN Times - Bandara Dhoho Kediri memang belum beroperasi. Rencananya, operasional itu baru akan dimulai antara Maret - April 2024 ini. Artinya, bandara ini nanti sudah bisa melayani angkutan lebaran untuk mudik dan balik.

"Operasional sekitar Maret - April. Harapannya bisa untuk arus mudik dan balik tahun ini," ujar Kepala Dinas Perbubungan (Dishub) Jawa Timur (Jatim), Nyono, Selasa (5/3/2024).

Untuk saat ini, Nyono menjelaskan bahwa Bandara Dhoho Kediri sedang dalam proses perizinan di Dirjen Perhubungan Udara Direktorat Lalu Lintas Udara. Ia membeberkan, maskapai Super Air Jet dari Lion Group akan melakukan penerbangan perdana.

"Tinggal izin rute aja, sebelum lebaran tergetnya bisa operasional. pengelolanya nanti angkasa pura kerjasama dengan surya doho indonesia (SDI) dari GG grup," ungkapnya.

Lebih lanjut, bandara ini disiapkan untuk melayani rute internasional, trayek perdana bandara ini melayani perjalanan Kediri-Jakarta. Selain Super Air Jet, Kemenhub juga memberikan persetujuan untuk maskapai Batik Air.

Maskapai Batik Air mendapat persetujuan untuk melayani tiga rute penerbangan, Kediri-Jakarta (CGK-DHX), Kediri-Bali (DPS-DHX), dan Kediri-Palembang (PLM-DHX).

Sementara Super Air Jet mendapat persetujuan lima rute penerbangan yakni, Kediri-Banjarmasin (BDJ-DHX), Kediri-Balikpapan (BPN-DHX), Kediri-Makassar (UPG-DHX), Kediri-Bali (DPS-DHX), dan Kediri-Palembang (PLM-DHX). 

Baca Juga: Bandara Dhoho Kediri Terkendala Izin Rute

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya