Bakal Ada 9 Fraksi di DPRD Jatim, Berikut Nama Ketuanya

Siapa saja tuh?

Surabaya, IDN Times - DPRD Jawa Timur (Jatim) periode 2024-2029 diprediksi memiliki sembilan fraksi karena dari 10 parpol yang memperoleh kursi, hanya ada delapan parpol yang dapat membentuk fraksi sendiri. Sedangkan dua parpol lainnya harus bergabung untuk bisa membentuk satu fraksi sendiri.

 

Dalam Pileg 2024 lalu, PKB mendapat 27 kursi DPRD Jatim membentuk Fraksi PKB. Kemudian PDI Perjuangan mendapat 21 kursi membentuk Fraksi PDIP, Partai Gerindra mendapat 21 kursi membentuk Fraksi Gerindra, Partai Golkar mendapat 15 kursi membentuk Fraksi Golkar dan Partai Demokrat mendapat 11 kursi membentuk Fraksi Demokrat.

 

Selanjutnya, Partai NasDem mendapat 10 kursi membentuk Fraksi NasDem, PAN mendapat lima kursi membentuk Fraksi PAN, PKS mendapat lima kursi membentuk Fraksi PKS, dan PPP mendapat empat kursi bergabung dengan PSI yang mendapat satu kursi membentuk Fraksi Persatuan Indonesia.

 

Ketua DPRD Jatim sementara Anik Maslachah membenarkan bahwa jumlah Fraksi DPRD Jatim sebanyak sembilan karena dari sepuluh parpol yang mendapat kursi. Ia menyebut, hanya delapan parpol yang bisa membentuk fraksi sendiri dan dua parpol harus bergabung supaya bisa membentuk fraksi sendiri.

 

"Meskipun belum ditetapkan tapi kami sudah bisa prediksi jumlah fraksi di DPRD Jatim nanti ada sebanyak sembilan fraksi," ujarnya, Kamis (10/9/2024).

 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ada beberapa nama calon ketua Fraksi yang diusulkan ke sekretariat DPRD Jatim. Fraksi PKB ada nama Fauzan Fuadi dan Musyafak Rouf. Fraksi PDIP ada nama Deni Wicaksono. 

 

Selanjutnya dari Fraksi Gerindra ada nama Abdul Halim dan Ferdian Alvisa. Lalu Fraksi Golkar ada nama Kodrat Sunyoto dan Pranaya Yudha Mahardika. Dari Fraksi Demokrat ada nama Sri Wahyuni dan Agung Mulyono. 

 

Berikutnya dari Fraksi NasDem ada nama Muhammad Nasikh, dari Fraksi PAN ada nama Husnul Aqib. Lalu dari Fraksi PKS ada nama Lilik Hendarwati, dan dari Fraksi PPP dan PSI ada nama M Rofik.

 

Selain fraksi, kursi pimpinan juga masih menunggu nama dari masing-masing parpol. Partai Golkar sudah memutuskan nama Blegur Prijanggono sebagai pimpinan. Nantinya, partai berlambang pohon beringin ini mendapatkan jatah Wakil Ketua DPRD Jatim.

 

Sementara PKB yang mendapatkan kursi Ketua DPRD Jatim, belum menyetor nama. Begitu pula tiga parpol lainnya, PDIP, Gerindra dan Demokrat belum menyetor nama untuk Wakil Ketua DPRD Jatim.

 

Baca Juga: DPRD Jatim Belum Punya Pimpinan Tetap, Baru Golkar yang Ajukan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya