Asyiknya CFD di Darmo Bisa Sambil Urus Paspor

Ada konsultasi hukum juga di CFD Darmo

Surabaya, IDN Times — Car Free Day (CFD) yang digelar di Jalan Darmo, Surabaya terasa berbeda pada Minggu (6/8/2023). Karena selain olahraga dan rekreasi, masyarakat yang CFD dapat mengurus paspor hingga melakukan daftar merek.

Pengurusan tersebut dibalut dalam acara bertajuk Legal Expo yang digelar Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Timur (Jatim). Kegiatan yang dipusatkan di depan Taman Bungkul.

"Masyarakat bisa lakukan pendaftaran kekayaan intelektual, administrasi hukum umum, keimigrasian, pemasyarakatan hingga konsultasi hukum gratis," Kepala Kemenkumham Jatim, Imam Jauhari, Minggu (6/8/2023).

Kadiv Yankumham Subianta Mandala menjelaskan bahwa Legal Expo ini memang sengaja digelar pada hari Minggu. Mengingat banyak warga Surabaya yang kesulitan mengakses pelayanan publik selama hari kerja.

"Kami melihat masyarakat banyak yang disibukkan pekerjaan saat hari kerja, untuk itu kami hadir ketika masyarakat libur," ujar Subianta.

Selain itu, pihaknya juga menyasar pusat keramaian seperti Car Free Day. Dengan harapan, masyarakat bisa sekaligus menikmati akhir pekan sambil memenuhi kebutuhan akan pelayanan publik di Kemenkumham.

"Melihat antusiasme masyarakat yang cukup besar, kami akan pertimbangkan untuk membuat kegiatan Legal Expo di kemudian hari," kata dia.

Salah satu masyarakat yang memanfaatkan pelayanan tersebut adalah Djefri Tjandra. Dia memanfaatkan pelayanan cetak sertifikat merek. "Saya sudah daftar sejak 2021, namun belum sempat ambil sertifikatnya, kebetulan tadi pas jalan-jalan kok ada Legal Expo, akhirnya saya mampir," ucapnya.

Pria 44 tahun itu mengaku sangat terbantu dengan program Legal Expo. Karena dirinya bisa memanfaatkan layanan pemerintah sekalian berlibur. "Karena kalau sehari-hari sibuk bekerja, ndak sempat keluar kantor," urainya.

Untuk itu, pemilik merek dagang SushiO itu berharap kegiatan serupa bisa berkelanjutan. "Semoga bisa sering kegiatan seperti ini, agar bisa memudahkan masyarakat," harapnya.

Baca Juga: Kemenkumham Jatim Verifikasi 76 Parpol

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya