Asrama Gedung BBPMP Jatim Kebakaran, 14 Korban Luka

Enam dirujuk ke rumah sakit

Surabaya, IDN Times - Si jago merah mengamuk di Gedung Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Timur (Jatim), Ketintang Wiyata, Surabaya, Minggu (27/8/2023) dini hari. Terdapat 14 korban dalam peristiwa ini.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Surabaya, Dedik Irianto mengatakan, kebakaran itu tepatnya terjadi Asrama Bougenville sekitar pukul 00.50 WIB. Bermula dari satpam BBPMP sedang melakukan giat patroli ruangan yang mengetahui kobaran api.

"Api pertama dari lukisan di lantai satu gedung," ujarnya dalam laporan tertulis.

Satpam tersebut kemudian bergegas mengambil Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di pos satpam. Namun ketika kembali, api yang berada di lantai satu sudah membesar. Lantaran ruangan tersebut dekorasinya banyak partisi bahan HPL, lukisan kanvas, serta kelambu ruangan.

Sedangkan di lantai tiga, ada panitia pelatihan yang sedang beristirahat. Karena diketahui memang dua pekan ini di BBPMP Jatim ada kegiatan pelatihan. Yang dimulai sejak Minggu lalu hingga Jumat depan.

Petugas jaga langsung menghubungi Call Center (CC) 112 Surabaya untuk meminta bantuan. Sebanyak 14 unit pemadam kebakaran dan satu mobil tangki Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya berdatangan untuk memadamkan api serta menyelamatkan panitia pelatihan. Api pun bisa dipadamkan pukul 01.15 WIB.

"Ada 14 korban, dirujuk ke rumah sakit terdekat enam orang," kata Dedik.

Setelah memadamkan api, petugas pemadam kebakaran melakukan identifikasi. Hasilnya, luas yang terbakar di lantai satu selebar 8 x 8 meter persegi. Kemudian penyebab kebakaran dari korsleting listrik. Terkait kondisi korban, masih dalam penanganan.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Ganti IMB Jadi PBG, Ini Bedanya

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya