Arus Balik Bergeliat di Stasiun Surabaya

Mudik dan balik tahun ini meningkat 38 persen

Surabaya, IDN Times - Gelombang arus balik terjadi di stasiun-stasiun wilayah Daop 8 Surabaya, Rabu (26/4/2023). Data yang didapat IDN Times, ada sebanyak 26.914 penumpang yang datang hingga pukul 12.00 WIB. Sementara, jumlah penumpang yang naik sebanyak 17.617 orang.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif menyebut, transportasi kereta api masih menjadi favorit masyakarat, dengan berbagai keunggulan salah satunya ketepatan waktu, lokasi stasiun yang strategis, kenyamanan di stasiun maupun di kereta.

Lebih lanjut, bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan KA, dapat melakukan pemesanan melalui aplikasi KAI Access ataupun mitra resmi lainnya. Namun, jika tanggal favorit yang diinginkan tidak ada, bisa menggunakan fitur connecting train yang terdapat pada aplikasi KAI Access, atau memilih tanggal alternatif lain.

"Sesuai arahan pemerintah yang mengimbau untuk menunda balik, hal ini menjadi berkah tersendiri agar bisa bertemu dengan keluarga lebih lama, dan KAI akan selalu siap melayani penumpang," ujarnya kepada IDN Times.

Favoritnya penumpang ini terpantau pada geliat pada lebaran tahun ini. Puncak arus mudik pada tahun 2023 ini terjadi pada tanggal 19 April 2023 yang mencatat sebanyak 26.211 penumpang berangkat dari wilayah Daop 8 Surabaya. Sebanyak 4.362 penumpang merupakan keberangkatan dari Stasiun Malang.

Secara keseluruhan, jika dibanding tahun 2022, volume penumpang yang menggunakan KA di Daop 8 Surabaya meningkat 75.000 atau meningkat 38 persen pada periode yang sama H-8 sampai H+3.

KAI Daop 8 Surabaya mencatat mulai 14 April hingga hari ini, 268.413 penumpang telah berangkat dari stasiun wilayah Daop 8 Surabaya. Sementara sebanyak 254.038 penumpang tiba di Stasiun wilayah Daop 8 Surabaya.

Baca Juga: Poros Selatan Madura Macet saat Arus Balik, Warga Tagih Kereta Api

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya