Arahan Kapolri, Propam Polda Jatim Juga Bersih-bersih Polisi Bandel

Pemriksaannya pun diawasi langsung oleh Kapolda

Surabaya, IDN Times - Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Jawa Timur (Jatim) sedang menangani anggota polisi 'bandel'. Beberapa dari mereka sedang menjalani pemeriksaan, sidang hingga putusan lantaran terbukti melakukan pelanggaran kode etik kepolisian. 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebelumnya memberi arahan tegas kepada kapolda, kapolres hingga kapolsek untuk bisa menjadi teladan bagi jajaran dan masyarakat. Hal itu disampaikan Sigit dalam sambutannya di acara penutupan pendidikan Sespimti Polri Dikreg ke-30, Sespimen Polri Dikreg ke-61, dan Sespimma Polri Angkatan ke-66 di Lembang, Jawa Barat, Rabu (27/10/2021).

“Ada pepatah, ikan busuk mulai dari kepala, kalau pimpinannya bermasalah, maka bawahannya akan bermasalah juga," papar Sigit. "Kalau tak mampu membersihkan ekor, maka kepalanya akan saya potong. Ini semua untuk kebaikan organisasi yang susah payah berjuang," sambungnya.

1. Ada polisi yang sedang diaudit, sidang hingga pengawasan

Arahan Kapolri, Propam Polda Jatim Juga Bersih-bersih Polisi BandelIlustrasi Polisi Dok. IDN Times

Kabid Propam Polda Jatim, Kombes Pol Taufik Herdiansyah Zeinardi membenarkan bahwa pihaknya tengah menangani beberapa polisi dalam naungan polda yang melakukan pelanggaran kode etik. Tapi, dia enggan membeberkan secara rinci jumlahnya.

"Ada yang sedang dalam audit pemeriksaan, sedang sidang, dalam pengawasan dan lain-lain," ujarnya saat dikonfirmasi tertulis, Kamis (4/11/2021).

Baca Juga: Komnas HAM Apresiasi Kapolri karena Copot 7 Pejabat Polisi Bermasalah

2. Proses sidang kode etik diawasi Kapolda

Arahan Kapolri, Propam Polda Jatim Juga Bersih-bersih Polisi BandelIDN Times/Arief Rahmat

Setiap proses pemeriksaan terhadap polisi yang melanggar kode etik ini mendapat atensi dari Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta. Jenderal dua bintang itu, turut mengawasi langsung proses jalannya sidang di Bidang Propam Polda Jatim pada Selasa (2/11/2021) lalu.

"Saya datang ke sini untuk melihat langsung bagaimana proses jalannya sidang, supaya tidak main-main," tegas Nico.

3. Bagi yang terbukti melanggar dapat sanksi, bisa juga dipecat

Arahan Kapolri, Propam Polda Jatim Juga Bersih-bersih Polisi BandelIDN Times/Arief Rahmat

Pada kesempatan yang sama, Nico mengingatkan kepada seluruh anggota Polda Jatim dan polres jajaran supaya bertugas secara profesional. Apabila diketahui melanggar kode etik maka akan dilakukan pemeriksaan. Bahkan, bagi yang terlibat penyalahgunaan narkotika akan dipecat.

"Bapak Kapolri terkait anggota yang melakukan pelanggaran akan kami proses baik secara disiplin kode etik, bahkan pidana kalau melanggar undang-undang dan pasti akan saya pecat apabila terlibat narkoba," dia menegaskan.

Baca Juga: Buktikan Janji ‘Potong Kepala’, Kapolri Copot 7 Pejabat Polisi 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya