Antrean Kendaraan Terpantau Masuk dari Bali ke Jatim pada H-3 Lebaran

Semoga tetap lancar ya mudiknya

Banyuwangi, IDN Times - Basarnas melakukan pantauan udara di perbatasan Provinsi Jawa Timur (Jatim) dengan Bali, pada H-3 lebaran, Minggu (7/4/2024). Hasilnya, tampak antrean panjang kendaraan yang didominasi kendaraan roda empat akan memasuki gerbang Pelabuhan Gilimanuk.

1. Antrean itu dari Bali masuk ke Jatim

Antrean Kendaraan Terpantau Masuk dari Bali ke Jatim pada H-3 LebaranAntrean kendaraan para pemudik masuk dari Bali ke Jatim. (Dok. Basarnas)

Dalam pantauan udara ini, tim Basarnas menggunakan helikopter jenis Dauphin AS365 N3+ HR-3603 yang terbang dari Juanda. Sebelum landing di hellypad Bulusan ASDP Ketapang, helikopter Basarnas melakukan patroli di alur penyeberangan Ketapang – Gilimanuk.

"Antrean panjang kendaraan-kendaraan yang akan menyeberang ke Jawa saat kami melintas di atas pelabuhan Gilimanuk tadi,” ujar Kepala Kantor SAR Surabaya, Muhammad Hariyadi.

Baca Juga: 3/4 Warga Jatim Lakukan Perjalanan Mudik Lebaran Tahun Ini

2. Pantauan udara sebagai langkah operasi siaga

Antrean Kendaraan Terpantau Masuk dari Bali ke Jatim pada H-3 LebaranBasarnas melakukan pantauan udara di perbatasan Provinsi Jawa Timur (Jatim) dengan Bali, pada H-3 lebaran, Minggu (7/4/2024). (Dok. Basarnas).

Pantauan udara dengan helikopter ini, kata Hariyadi, termasuk dalam Operasi Siaga SAR Khusus. Pihaknya pun menyiagakan Helikopter Basarnas dengan register HR 3603 di Banyuwangi sebagai dukungan Alut udara selama pelaksanaan siaga SAR khusus Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Sesuai rencana, helikopter Basarnas ini akan melakukan patroli udara di atas penyeberangan Ketapang – Gilimanuk, untuk memantau kondisi penyeberangan laut dari Jawa menuju Bali dan sebaliknya, pada masa mudik dan balik Lebaran,” terang Hariyadi.

3. Siap evakuasi dengan helikopter jika ada kejadian luar biasa

Antrean Kendaraan Terpantau Masuk dari Bali ke Jatim pada H-3 LebaranBasarnas melakukan pantauan udara di perbatasan Provinsi Jawa Timur (Jatim) dengan Bali, pada H-3 lebaran, Minggu (7/4/2024). (Dok. Basarnas)

Selain melaksanakan pantauan udara, helikopter Basarnas juga akan digunakan untuk evakuasi jika ada pemudik yang membutuhkan jasa bantuan SAR yang sewaktu-waktu tidak memungkinkan untuk dilakukan evakuasi melalui jalur darat.

"Kami, Basarnas mengimbau kepada para pemudik untuk berhati-hati selama melakukan perjalanan mudik, senantiasa menjaga kesehatan dan keselamatan,” pungkas dia.

Baca Juga: 1.095 Pemudik Gratis Berangkat dari Jakarta ke Jatim

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya