Ada Oknum Kemenag Jatim Diduga Terlibat Penipuan Percepatan Haji

Waduh, mau haji kok malah ditipu

Surabaya, IDN Times - Kabid Humas Polda Jawa Timur (Jatim), Kombes Pol Frans Barung Mangera menyampaikan, polisi masih terus mendalami kasus penipuan terhadap 59 calon jemaah haji (CJH) yang dijanjikan berangkat cepat. Meski sudah menahan satu tersangka, polisi menerima ada oknum lain yang berperan.

1. Diduga ada oknum kemenag

Ada Oknum Kemenag Jatim Diduga Terlibat Penipuan Percepatan HajiANTARA FOTO/REUTERS/Zohra Bensemra

 

Saat ini, lanjut Barung, polisi menduga tersangka Murtaji Junaedi tidak bekerja sendirian. Berdasarkan pengakuan tersangka ada oknum Kantor wilayah Kementerian Agama Jatim terlibat.

"Saudara Junaedi ini hanya pengepul, dia juga dijanjikan oleh oknum Kementerian tertentu (Kemenag). Rencananya ini juga akan melaporkan oknum ini," ujar Barung.

2. Oknum terduga segera diperiksa

Ada Oknum Kemenag Jatim Diduga Terlibat Penipuan Percepatan HajiIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Perwira dengan melati emas ini menuturkan, penyidik telah mengantongi identitas oknum Kemenag seperti yang disampaikan oleh tersangka MJ. Oknum tersebut segera dipanggil untuk diperiksa.

"Segera kita panggil guna pemdalaman kasus ini," kata Barung.

3. Ternyata ada 8 korban yang membatalkan laporan

Ada Oknum Kemenag Jatim Diduga Terlibat Penipuan Percepatan HajiIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Barung menjelaskan, sebelumnya ada 59 calon haji yang merasa tertipu dan membuat laporan ke Polda Jatim. Namun kemudian, ada delapan orang yang membatalkan laporannya. Sehingga, jumlah korban merasa tertipu dan membuat laporan berjumlah 51 orang.

"Total kerugian korban lumayan besar, yakni lebih dari Rp850 juta. Besar sekali uang yang dikumpulkan tersangka ini," katanya.

4. Tim investigasi juga diturunkan Kemenag

Ada Oknum Kemenag Jatim Diduga Terlibat Penipuan Percepatan Hajipixabay/AbdullahShakoor

 

Terpisah, Kasi Pengelolah Keuangan Haji Kemenag Jatim, Sugianto mengatakan tidak ada persyaratan untuk menambah uang untuk program percepatan haji. Terkait dugaan adanya oknum Kemenag terlibat, pihaknya sudah menerjunkan Tim Investigasi Itjen. Saat ini tim tersebut telah memeriksa secara marathon oknum yang terindikasi.

"Tim Investigasi Itjen Kemenag sudah bergerak cepat, memanggil ASN Kemenag yang terindikasi terlibat, sekarang masih bekerja, belum selesai, tunggu hasilnya," katanya.

"Yag terindikasi tersangkut akan didalami, kalau tidak ada yang tersangkut, selesai tugas Tim Investigasi Itjen," tambah Sugianto.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya