3 Daerah di Jatim Jadi Perhatian BPBD Jelang Musim Hujan

Rawan banjir ya?

Surabaya, IDN Times - Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur (Jatim) telah memetakan sejumlah daerah rawan banjir. Hal ini penting, karena saat ini mulai turun hujan. Prediksi BMKG, dalam waktu dekat pun sudah memasuki musim hujan.

Adapun sejumlah daerah yang masih mendapatkan atensi oleh BPBD Jatim. Antara lain, Sampang, Pamekasan dan Pasuruan. Tiga kabupaten ini rawan banjir. "Tiga daerah yang menjadi fokus ini masih sama seperti sebelumnya," ujar Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Gatot Soebroto, Minggu (19/11/2023).

Selain tiga daerah tersebut, BPBD Jatim juga menaruh atensi di kawasan sekitar Gunung Arjuno. Menurut Gatot, ranting-ranting di kawasan ini perlu dibersihkan. Ia tidak ingin tragedi banjir bandang di kawasan Kota Batu terulang kembali.

"Waktu itu banyak sekali kayu-kayu ranting yang terbawa banjir. Kami tidak ingin banjir yang ada di Batu terulang kembali," kata dia.

Untuk menghindari banjir bandang, BPBD Jatim juga mengimbau pembersihan ranting-ranting hingga batang pohon di lereng gunung serta pembersihan saluran irigasi.

"Perlu juga penguatan drainase dan pengecekan seluruh sarana prasarana dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana hidrometeorologi," jelasnya.

Menurutnya BPBD kabupaten/kota memantau sampah-sampah di hulu dan hilir sungai. Selain itu perlu ada  rambu-rambu jalur evakuasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana. BPBD Jatim juga telah memetakan daerah aliran sungai (DAS) besar yang berpotensi meluap dan menjadi penyebab banjir.

Baca Juga: Kritik Mahasiswa Jatim ke Jokowi: Emang Boleh Sedinasti Itu?

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya