3 Alasan Pemprov Tambah Rute Bus Trans Jatim

Apa aja yaaaa?

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim), menambah rute atau koridor Bus Trans Jatim. Penambahan ini tentunya ada alasannya. Selain memfasilitasi warga aglomerasi Surabaya dan sekitarnya, ternyata animonya sangat bagus.

1. Merujuk Bus Trans Jatim Koridor I, penumpangnya lebih 100 persen

3 Alasan Pemprov Tambah Rute Bus Trans JatimPeluncuran Bus TransJatim Koridor II. Dok. Pemprov Jatim.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, Bus Trans Jatim Koridor I rute Sidoarjo – Surabaya – Gresik pada Agustus 2022, terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data Dishub Jatim, Bus Trans Jatim Koridor I melayani 518.941 penumpang dengan load factor 105,53 persen, Agustus - Desember 2022.

"Di periode Januari – Mei 2023 total penumpang sebanyak 426.991 orang dengan load factor 115 persen," ujarnya, Senin (21/8/2023).

Baca Juga: Bus Trans Jatim Menjangkau Mojokerto, Ayo Naik Rek!

2. Dapat memudahkan akses wisatawan domestik dan mancanegara

3 Alasan Pemprov Tambah Rute Bus Trans JatimPeluncuran Bus TransJatim Koridor II. Dok. Pemprov Jatim.

Selain itu, sambung Khofifah, kehadiran Bus Trans Jatim Koridor II ini diharapkan dapat memudahkan wisatawan dosmetik atau nusantara maupun wisatawan mancanegara (wisman). Sehingga mempermudah aksesnya. 

"Mereka bisa mengenali lebih dekat kebesaran Majapahit dan seterusnya bisa membangun kekuatan wawasan nusantara kita dalam ber-Indonesia lahir batin,” kata Khofifah.

"Trans Jatim Koridor II ini adalah jawaban atas kebutuhan masyarakat akan transportasi umum yang murah, nyaman dan aman. Kami optimis kehadiran Trans Jatim Koridor II bisa meningkatkan pendapatan UMKM serta bisa mendukung pengembangan pariwisata Taman Bahari Majapahit," tambah Khofifah.

3. Bus Trans Jatim akan diikuti dengan tumbuhnya koridor ekonomi

3 Alasan Pemprov Tambah Rute Bus Trans JatimPeluncuran Bus TransJatim Koridor II. Dok. Pemprov Jatim.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim Nyono menyampaikan bahwa dengan hadirnya Trans Jatim Koridor II ini membuka pertumbuhan koridor ekonomi baru. Serta mampu memberikan multiplier effect bagi masyarakat serta meningkatkan UMKM di sekitar wilayah terminal dan halte yang dilintasi.

"Kami optimis masyarakat memiliki antusiasme tinggi untuk naik transportasi umum. Dengan pelayanan yang aman, nyaman dan terjangkau, kami optimis antusiasme masyarakat semakin meningkat dan insya Allah kedepannya pada Koridor 3 akan mengintegrasikan wilayah Surabaya-Sidoarjo-Mojokerto-Gresik,” kata Khofifah.

Baca Juga: Siap-siap, ke Mojokerto Bisa Naik Bus Trans Jatim, Lho!

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya