3/4 Warga Jatim Lakukan Perjalanan Mudik Lebaran Tahun Ini

Pemprov gaungkan antisipasi laka dan macet

Surabaya, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur (Jatim) Adhy Karyono menyebut bahwa mudik kali ini menjadi salah satu yang terpadat di Jatim. Hal itu juga telah diprediksi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Makanya yang pulang kampung itu melonjak tinggi sampai 16,2 persen. Jadi dari 40 juta warga Jatim, orang yang mudik 31,2 juta orang, lebih dari tiga perempatnya," ujarnya saat acara pemberangkatan Mudik Bareng Gratis, Minggu (7/4/2024).

Tingginya animo masyarakat dalam mudik kali ini, kata Adhy, disebabkan liburan kali ini merupakan liburan yang istimewa karena panjangnya durasi. Sehingga waktu berkumpul bersama keluarga menjadi lebih banyak. 

Maka dari itu, pria yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim ini menekankan perlunya antisipasi. "Ini perlu ada antisipasi secara umum dan infrastruktur dengan semua kewenangan," tegasnya. 

Adhy mengingatkan untuk mengantisipasi banyaknya kecelakaan kendaraan bermotor yang didominasi oleh kendaraan roda dua atau sepera motor. Salah satu antisipasi itu telah dilakukan pemprov dengan memggelar Mudik Gratis. Menurutnya, program ini salah satu solusi meminimalisir probabilitas kecelakaan. 

"Mereka yang ikut mudik ini kemarin motornya diangkut dengan truk dan hari ini orangnya yang berangkat. Jadi kebutuhan berkendara di kampung halaman dengan motornya tetap terpenuhi. Yang paling penting keamanan dan kenyamanan," katanya. 

Selain itu, pusat kemacetan untuk sektor wisata diprediksi akan terjadi di Malang, Batu, kawasan Bromo Tengger Semeru, dan Banyuwangi. Sehingga, Adhy meminta para pemilik wisata menyiapkan mitigasi dan meningkatkan kewaspadaan. 

"Yang paling penting tentu peralatan keamanannya. Yang kedua perbanyak pelayanan kesehatan. Dari pemerintah pasti memang menyediakan. Tapi kami mohon pemilik wisata juga mengadakan," pesannya. 

Baca Juga: 5 Tips Memilih Tempat Penitipan Hewan selama Mudik Lebaran

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya