265 Eks Penyintas Konflik Sampang Pulang Kampung

Dibawa sebanyak 5 bus

Sidoarjo, IDN Times - Eks penyintas konflik Sampang dipulangkan dari tempat pengungsian di Rusun Puspa Agro, Jemundo, Sidoarjo ke kampung halamannya, Kamis (4/5/2023). Total yang dipulangkan ada sebanyak 265 orang.

"Benar tadi sudah ada yang dipulangkan, kami dari kepolisian ikut membantu pengawalan," ujar Kasi Humas Polresta Sidoarjo, Iptu Tri Novi Handono kepada IDN Times.

Novi menambahkan, para penyintas ini merupakan warga Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben dan Desa Bluruan Kecamatan Karang Penang Sampang ini dipulangkan dengan lima bus.

"Kami hanya mengawal. Tidak ada seremonial saat pemulangan. Nantinya akan diadakan acara di Pendopo Sampang," kata dia.

Adapun rincian asal penyintas, dari Desa Karang Gayam terdiri dari 29 kepala keluarga dengan jumlah 135 jiwa sedangkan dari Desa Bluruan terdiri dari 33 kepala keluarga yang meliputi 130 jiwa. Sisa lima kepala keluarga di Rusun Jemundo belum bisa dipulangkan karena masih terkendala adminitrasi.

Kepulangan eks penyintas konflik Sampang tahap kedua ini sebagai perwujudan penyelesaian konflik yang terjadi sekitar 11 tahun lalu. Mereka menjadi korban konflik Syiah di sana. Pemulangan tahap pertama pernah dilakukan Pemkab Sampang pada di April 2022 lalu dengan menjemput ratusan orang.

Baca Juga: 287 Pengungsi Syiah Sampang Berikrar Kembali ke Ahlussunah Wal Jamaah

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya