24.423 Siswa Jatim Lolos SNBP, Terbanyak Nasional

Lolos beasiswa KIP Kuliah terbanyak juga, lho!

Surabaya, IDN Times - Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) telah diumumkan. Hasilnya, siswa Jatim banyak yang lolos seleksi. Bahkan menjadi tertinggi nasional.

Tak hanya menjadi peringkat pertama se Indonesia, jumlah siswa yang lolos masuk PTN tanpa tes ini juga meningkat 946 siswa dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun ini ada 24.423 yang lolos. Sedangkan tahun lalu, 23.477 siswa.

Lebih lanjut, dari 24.423 siswa yang lolos seleksi SNBP, secara rincin sebanyak 20.237 siswa diterima di PTN Akademik dari 90.292 pendaftar dan 4.186 siswa diterima di PTN Vokasi dari 10.689 pendaftar.

"Dengan ini maka selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2020, Jawa Timur berhasil mempertahankan predikat tersebut," ujar Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, Rabu (27/3/2024).

Selain penerimaan terbanyak di PTN Akademik dan PTN Vokasi, Jatim juga menjadi provinsi dengan penerimaan terbanyak camaba dengan KIP Kuliah. 

Tercatat dari 33.082 pendaftar ada 26.562 pendaftar PTN Akademik dan 6.520 pendaftar PTN Vokasi, sebanyak 5.462 camaba dinyatakan lolos dan menjadi jumlah terbanyak diterima PTN. 

Yang mana dari siswa lolos tersebut terdiri dari 3.474 camaba lulus di PTN Akademik dan 1.988 camaba lulus di PTN Vokasi.

Adhy pun memotivasi para siswa yang belum lolos pada jalur ini. Ia meminta agar para siswa terus berjuang dan tidak putus asa. Pasalnya masih ada jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) yang persaingannya justru lebih ketat lagi.

"Jangan berputus asa masih ada jalur UTBK-SNBT, persiapkan diri sebaik mungkin. Begitupun untuk bapak ibu guru dapat mendampingi para siswa baik secara psikologis maupun akademik agar siap pada jalur UTBK-SNBT," tegasnya. 

Atas pencapaian tersebut, Adhy secara khusus mengapresiasi dedikasi para tenaga pendidik yang telah mengantarkan siswa/siswinya lulus SNBP. Selain itu, ia juga mengapresiasi semangat belajar dari para siswa/siswi di Jatim. 

"Pencapaian ini mencerminkan dedikasi dari kalangan tenaga pendidik serta semangat belajar yang tinggi dari peserta seleksi untuk mengejar impian PTN mereka masing-masing," katanya.

"Terima kasih atas kerja keras yang dilakukan bapak ibu guru karena mampu membimbing siswa lolos dalam penerimaan berbasis prestasi ini dan berhasil mempertahankan posisi Jawa Timur sebagai Provinsi dengan penerimaan PTN terbanyak lima tahun berturut-turut," tutupnya.

Baca Juga: Sebanyak 1.895 Calon Mahasiswa Unair Diterima Jalur SNBP 2024

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya