182 Wisata di 19 Kabupaten/Kota di Jatim Sudah Dibuka

Saat ini ada 351.247 wisatawan yang telah berkunjung

Surabaya, IDN Times - Ratusan objek wisata di Jawa Timur (Jatim) mulai dibuka lagi meski pandemik COVID-19 belum menunjukkan tanda-tanda melandai. Berdasarkan data yang diterima IDN Times dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim, sebanyak 182 dari total 969 objek wisata sudah beroperasi kembali.

"Terkait data rincinya seperti yang terlampir," ujar Kepala Disbudpar Jatim, Sinarta kepada IDN Times, Selasa (4/8/2020).

1. Wisata dibuka di 19 kabupaten/kota

182 Wisata di 19 Kabupaten/Kota di Jatim Sudah DibukaBupati Pacitan memberikan sambutan setelah menyerahkan sertifikat masa simulasi pembukaan tiga lokasi wisata di Kabupaten Pacitan. www.instagram.com/disparporapacitan

Data yang dimaksud Sinarta menyebutkan bahwa objek wisata yang dibuka baru di 19 dari 38 kabupaten/kota di Jatim. Yakni Kabupaten Blitar, Magetan, Ponorogo, Kota Madiun, Ngawi, Pacitan, Trenggalek, Jombang, Kabupaten Mojokerto, Lamongan, Tuban, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kota Batu, Kota Malang, Banyuwangi, Bondowoso, Kota Probolinggo dan Gresik.

2. Wisatawan capai 351.247 orang

182 Wisata di 19 Kabupaten/Kota di Jatim Sudah DibukaG-land Banyuwangi. Instagram.com/hugobcn9/

Meski belum semuanya dibuka, Disbudpar Jatim mencatat jumlah wisatawan mulai bergeliat. Saat ini ada 351.247 wisatawan yang telah berkunjung ke 182 objek wisata. "Jika dilihat perlahan-lahan mulai ada geliat ekonomi di sektor pariwisata. Cuma belum kembali pulih," kata Sekretaris Disbudpar Jatim, Bagus Sasmito.

Baca Juga: 14 Wisata Trenggalek Mulai Dibuka, Hanya untuk Wisatawan dalam Kota

3. Wisata alam paling diminati

182 Wisata di 19 Kabupaten/Kota di Jatim Sudah DibukaSuasana liburan di Cimory Dairyland, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. IDN Times/Naufal Al Rahman

Bagus mengatakan, destinasi wisata alam menjadi yang paling diminati. Sedangkan wisata buatan masih belum terlalu bergeliat. "Tapi sudah lumayan seperti Jatim Park, kalau weekend sudah lumayan kunjungan wisatanya. Cimory juga. Memang weekday gak normal kayak dulu," katanya.

"Kalau atraksi wisata gelaran budaya belum buka. Intinya pengumpulan massa banyak belum. Masih simulasi, kami tidak ingin kecolongan karena kalau tidak taat risiko besar," dia menambahkan.

Baca Juga: Hanya untuk Warga Lokal, Ini 8 Wisata Pacitan yang Mulai Dibuka Lagi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya