13 Ribu Hektare Lahan Pertanian Jatim Terkena Banjir dan Kekeringan

824 hektare mengalami puso

Surabaya, IDN Times - Perubahan iklim hingga bencana hidrometeorologi seperti banjir maupun kekeringan berdampak pada luas lahan pertanian di Jawa Timur (Jatim). Total seluas 13875,39 hektare (ha) terkena banjir dan kekeringan selama Januar - Maret 2024.

Berdasarkan data yang diperoleh IDN Times dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, 13875,39 ha yang terkena banjir 7998,19 ha pertanian padi. Akibatnya 813,25 ha tanaman mengalami rusak alias puso. Sementara 3163 telah surut.

Kemudian lahan jagung yang terkena banjir seluas 49,2 ha. Akibatnya 14,2 ha puso. Saat ini, 25 ha dinyatakan surut. Lebih lanjut, seluas 5 ha cabai terkena banjir. Juga 0,50 ha bawang merah terkena banjir yang berakibat puso.

Sehingga total, 8052,89 ha terkena banjir yang berdampak pada 827,95 ha lahan tanaman pangan dan hortikultura mengalami puso. Sementara 3188 ha lahan dinyatakan surut. 

"Sebenarnya ndak banyak (yang terdampak) total Jatim hanya 824 ha yang puso, jika dibandingkan luas lahan jatim 1,2 juta ha," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Jatim, Dydik Rudy Prasetya kepada IDN Times, Senin (18/3/2024).

Sedangkan lahan yang kekeringan seluas 5747 ha lahan padi. Dilaporkan tidak ada yang puso. Kemudian 75,5 ha lahan jagung juga kekeringan, sekaligus mengalami puso 11 ha. Secara keseluruhan seluas 5822,5 ha lahan tanaman pangan mengalami kekeringan dan 11 ha puso.

Rudy menyatakan bahwa fenomena banjir maupun kekeringan pada awal 2024 di Jatim ini tidak berdampak serius pada lahan pertanian dan pangan. Kendati begitu, antisipasi terus disiapkan untuk mencegah luasan lahan terdampak.

"InsyaAllah sampai saat ini tidak terganggu. Saat ini yang mengalami banjir adalah daerah yg memang sudah langganan banjir, sehingga kita sudah perhitungkan kemungkinan tersebut, dan petani juga sudah paham risiko banjir tersebut," terang Rudy.

Terkait upaya yang dilakukan, Rudy menyebut bahwa pihaknya melakukan sosialisasi kepada petani agar mengikuti Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP). Serta mengusulkan bantuan benih kepada pusat agar petani dapat segera melakukan tanam kembali.

"Dan kepada petani yang lahanya menjadi langgannan banjir, kita sarankan untuk berganti komoditas," pungkas dia.

Baca Juga: Banjir Surut, Petani di Magetan Kesulitan Memanen Padi Terendam Lumpur

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya