12 ABK Kapal Putra Sumber Mas Ditemukan Selamat

3 masih dalam pencarian

Sumenep, IDN Times - Sebanyak 12 dari 15 ABK Kapal Putra Sumber Mas yang sempat hilang di perairan Sumenep akhirnya ditemukan. Sementara tiga orang lainnya masih dalam pencarian.

Kepastian ditemukannya 12 ABK tersebut dibenarkan oleh Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, Mahmud Afandi. Ia menyebut, mereka ditemukan di perairan selatan Pulau Kangean, Sumenep.

"Benar (telah ditemukan). Kondisinya selamat, saat ini kami evakuasi," ujarnya dikonfirmasi, Rabu (24/1/2024).

Terkait tiga orang yang masih belum ditemukan, Mahmud menegaskan bahwa petugas gabungan dalam operasi masih bekerja keras melakukan pencarian. Ia berharap mereka ditemukan dengan kondisi selamat seperti 12 lainnya.

"Sisa ABK yang belum ditemukan masih proses pencarian," tegas dia.

Sekadar diketahui, berdasarkan informasi yang diterima, kapal Putra Sumber Mas ini berangkat dari pelabuhan Brondong Lamongan untuk mencari ikan di perairan laut sekitar pulau Masalembu, pada Sabtu (6/1/2024).

Setelah melaut selama 14 hari, kapal Putra Sumber Mas kembali ke Lamongan dengan berlayar melewati perairan laut utara pulau Madura, pada Sabtu (20/1/2024). Sekitar pukul 07.30 WIB, kapal mengalami mati mesin karena kemasukan air laut.

Seorang ABK, Ubaid, menginformasikan kejadian ini kepada Kapid ( Nahkoda yang tidak berlayar), yang kemudian hal ini diteruskan kepada pemilik kapal dan perhimpunan nelayan Dungkek untuk bantuan pencarian. Karena pencarian tidak membuahkan hasil, maka hal ini dilaporkan ke petugas Satpolairud Polres Sumenep.

Adapun nama kelimabelas ABK kapal Putra Sumber Mas ini, yaitu Rohmat Mustakim selaku Nahkoda kapal, Ubaid, Andriko, Suburno, Anton, Nizar, Kasno, Fauzi, Slamet, Budi, Rosid, Mul, Bidin, Nyamek, dan Drajat.

Selain tim Kantor SAR Surabaya, proses pencarian kelima belas ABK kapal Putra Sumber Mas ini juga melibatkan peran dari tim Satpolairud Polres Sumenep, LANAL Batuporon, KSOP Kalianget, KSOP Dungkek, KUPP Sapudi, BPBD kabupaten Sumenep dan Jombang, nelayan sekitar dan potensi SAR lainnya.

Baca Juga: Kapal Sumber Mas dengan 15 ABK Hilang di Perairan Masalembu

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya