10.206 Ribu Peserta SNBT Diterima di Unesa

Yang belum lolos masih ada jalur mandiri ya ges

Surabaya, IDN Times - Sebanyak 10.206 peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) diterima di Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Unesa menjadi salah satu kampus favorit dalam SNBT dengan jumlah pendaftar sebanyak 40.920 orang.

Kasubdit Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Baru Unesa, Sukarmin mengatakan, Unesa tahun ini berada di urutan ke-10 sebagai kampus yang memiliki pendaftar terbanyak di jalur SNBT. Selain itu, pada kategori Vokasi, Unesa menerima sebanyak 1.063 orang.

Angka 1.063 tersebut mencatatkan UNESA sebagai kampus kedelapan nasional yang menerima pendaftar vokasi terbanyak. "UNESA juga masuk sebagai kampus dengan pendaftar KIP-K terbanyak se-Indonesia, yaitu menerima 4.239 jalur UTBK," beber dosen FMIPA itu.

Sukarmin mengimbau agar peserta segera mempersiapkan berkas pendaftaran ulang dan memantau tanggal penting di website dan media sosial official Unesa. Bagi yang belum lolos, sambung dia, masih ada jalur mandiri yang kesempatannya masih sangat terbuka lebar.

Sukarmin menyarankan peserta agar nilai UTBK-nya digunakan untuk mendaftar jalur mandiri atau SPMB utamanya jalur tanpa tes di Unesa. Menurutnya, jalur tanpa tes ini kesempatan bagus bagi peserta, sebab hanya diikuti peserta yang memiliki nilai UTBK dan SNBP atau rapor saja.

"Bagi adik-adik yang nilai UTBKnya bagus, bisa memilih prodi apapun yang ada di UNESA. Bagi yang nilainya sedang, pilihlah prodi UNESA yang persaingannya tidak terlalu tinggi. Buat adik-adik yang memilih prodi keolahragaan dan seni, bisa didukung dengan portofolio atau sertifikat," bebernya.

Selain jalur nontes tersebut, Unesa juga menyiapkan sebanyak tujuh jenis penerimaan jalur mandiri. Ada jalur prestasi, jalur disabilitas, TMUBK, afirmasi pendidikan tinggi (Adik), kerja sama dan jalur mahasiswa luar negeri.

"Jalur yang sangat berpeluang besar bagi peserta yaitu jalur prestasi, di dalamnya ada jalur prestasi kepemimpinan bagi pengurus inti OSIS, prestasi olahraga, seni, saintek-soshum, MTQ, tahfidz, pesantren, prestasi agama Katolik, Protestan, Hindu, Buddha. Adik-adik nanti tinggal mengupload sertifikat bukti pernah ikut lomba, piagam juara," tutupnya.

Baca Juga: Kisah Naufal, Tes UTBK dan Berjuang Lawan Sakit di Unesa

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya