100 Model dan 45 Artis Terlibat Prostitusi Online, Ada yang Penyanyi

Harga paling mahal Rp100 juta

Surabaya, IDN Times - Kasus prostitusi daring (online) yang melibatkan artis VA dan model AS terus didalami oleh polisi Polda Jawa Timur.  Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan menyebut bahwa tidak hanya dua artis saja yang masuk jaringan muncikari Endang (37) dan Tantri (28).

Baca Juga: VA dan AS Kompak Pamit Balik ke Jakarta, Kamis Wajib Lapor

1. Sebanyak 45 artis akan dipanggil

100 Model dan 45 Artis Terlibat Prostitusi Online, Ada yang PenyanyiIDN Times/Fitria Madia

Kasubdit V Siber Polda Jatim, AKBP Harissandi, menyebut ada 45 artis dan 100 model yang terlibat. Sebanyak 45 artis ini ikut jaringan Endang.

"45 (artis) selanjutnya kami panggil, yang pernah kencan yang ada datanya. Yang ditawarin (muncikari) ada 45 (artis)," ujarnya.

2. Ada 100 model majalah dewasa

100 Model dan 45 Artis Terlibat Prostitusi Online, Ada yang PenyanyiIDN Times/Fitria Madia

AKBP Harissandi menyampaikan untuk 100 model lainnya masuk ke dalam jaringan Tantri. Dia mengungkap bahwa model ini kebanyakan dari majalah FHM dan Popular.

"Kebanyakan model (majalah) FHM. Proses pemeriksaan masih (berjalan), nanti kami periksa. Tetap kami panggil semua," ungkapnya.

3. Ada penyanyi dangdut

100 Model dan 45 Artis Terlibat Prostitusi Online, Ada yang PenyanyiIDN Times/Fitria Madia

Sedangkan untuk 45 artis dan 100 model ini, beberapa ada yang penyanyi dangdut. Meski begitu, kepolisian mengaku tidak bisa menetapkannya sebagai tersangka. Seluruh artis masih berstatus korban.

"Mereka ini semua korban kami butuh keterangannya. Ada artis penyanyi dangdut," tambah Harissandi.

4. Harganya capai Rp100 juta

100 Model dan 45 Artis Terlibat Prostitusi Online, Ada yang PenyanyiIDN Times/Ardiansyah Fajar

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, mengatakan harga paling mahal mencapai Rp100 juta sementara yang paling murah Rp25juta.

"Jadi ada yang Rp100 juta, kemarin itu Rp80 juta, ada yang Rp50 juta dan yang paling kecil Rp25 juta," beber pria dengan dua bintang emas di pundak ini.

Sementara untuk pembagian antara muncikari dengan artis, Luki menyebut bahwa dibagi-bagi. Ada tim yang mengendalikan jaringan ini.

"Pembayaran uang muka 30 persen, setelah itu ketemu, (membayar) sisanya. Masing-masing orang punya pembagiannya 25 persen. Kayak kemarin itu dibagi 3. Kepada ininya (artisnya) Rp35 juta, sisanya dibagi-bagi tim," ungkapnya.

5. Beroperasi sejak 2017, ada yang jadi DPO

100 Model dan 45 Artis Terlibat Prostitusi Online, Ada yang PenyanyiIDN Times/Fitria Madia

Jaringan ini, kata Irjen Pol Luki Hermawan, beroperasi sejak tahun 2017. Tak hanya itu, saat ini ada tersangka yang merupakan tim dari muncikari masih dalam pencarian alias DPO.

"Mudah-mudahan, kalau kita bisa ini (tangkap) bisa lebih luas lagi. Tapi dari dua orang ini sudah cukup kuat dan jaringannya sangat luas dan punya link-link kepada kelompok-kelompok pengguna," pungkasnya.

Baca Juga: VA dan AS Bisa Jadi Tersangka, Begini Penjelasan Polisi

Topik:

  • Edwin Fajerial
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya