10 Nama Capres Mencuat di Mukerwil PPP Jatim

PPP juga targetkan satu kursi tiap Dapil

Surabaya, IDN Times - PPP bertekad meraup kemenangan pada Pemilu 2024. Target satu kursi per dapil di parlemen mulai digaungkan. Sebanyak 10 nama calon presiden dan wakilnya yang akan diusung mulai dibeberkan. Tekad ini dibahas di Musyawarah Kerja Wilayah (Mukerwil) DPW PPP Jatim dan Rapat Koordinasi (Rakor) Majelis di Surabaya.

1. Di Jatim ditarget per dapil satu kursi, secara nasional ingin 39 kursi

10 Nama Capres Mencuat di Mukerwil PPP JatimDPW PPP Jatim saat Mukerwil dan Rapat Koordinasi Majelis jelang Pemilu 2024. Dok. PPP Jatim.

Plt Ketua Umum PPP, Muhamad Mardiono yang datang langsung saat Mukerwil dan Rakor Majelis, Minggu (9/10/2022), meminta kader all out turun ke bawah untuk memenangkan partai. Termasuk ia sendiri yang akan pasang badan untuk kader PPP Jatim supaya meraih kemenangan di Pemilu 2024 mendatang.

"Saya akan menyemangati dan saya juga akan pasang badan. InsyaAllah bersama-sama teman Jatim ini menjemput kemenangan itu," kata dia.

Ia yakin, satu dapil satu kursi bisa diraih PPP di Jatim. Secara nasional, ia mentargetkan PPP meraih 39 kursi atau seperti Pemilu 2014 lalu. "Ini bukan mimpi, karena dulu kita pernah di papan atas, semua akan bergilir pada saatnya. Satu dapil satu kursi InsyaAllah," tegasnya.

2. Ada usulan 10 nama capres, Ganjar dan Anies bersaing

10 Nama Capres Mencuat di Mukerwil PPP JatimDPW PPP Jatim saat Mukerwil dan Rapat Koordinasi Majelis jelang Pemilu 2024. Dok. PPP Jatim.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) ini meminta kader solid dan satu suara untuk memenangkan PPP di Pemilu 2024. Soal usulan-usulan capres dari kader, ia tidak melarang dan akan menampungnya. "Kalau kemudian nanti ada yang menyuarakan (capres) itu sah-sah saja, karena PPP demokratis. Cuma belum menjadi keputusan arah capres-cawapres," ungkapnya.

Setidaknya ada 10 nama capres yang diusulkan dalam Mukerwil ini. Yakni Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Khofifah Indar Parawansa, Muhamad Mardiono, Erick Tohir, Sandiaga Salahudin Uno, Mahfud MD, Yahya Cholil Staquf, Haidar Nasir, dan Taj Yasin.

"Itu usulan resmi, ya, dari DPW PPP Jatim setelah menerima usulan yang diambil dari zona DPC. Saya tidak menghitung terbanyak, tapi nama Ganjar (Pranowo), Anies (Baswedan), dan Khofifah banyak disebut," kata Wakil Ketua DPW PPP Jatim Mujahid Ansori.

"Bu Khofifah, Pak Mardiono populer di wapres. Demikian juga Erick (Thohir) dan Sandiaga (Uno) kuatnya di wapres. Sedangkan Mahfud (Md) bisa presiden atau wapres. Ini akan diusulkan ke DPP dari Mukerwil DPW," dia menambahkan.

3. DPW PPP Jatim optimistis

10 Nama Capres Mencuat di Mukerwil PPP JatimDPW PPP Jatim saat Mukerwil dan Rapat Koordinasi Majelis jelang Pemilu 2024. Dok. PPP Jatim.

Sementara itu, Ketua DPW PPP Mundjidah Wahab menyebut, ajang Mukerwil sebagai konsolidasi dan silaturahmi menyambut Pemilu 2024. Ia menargetkan satu kursi di setiap dapil di Jawa Timur.

"Mukerwil ini dan konsolidasi partai ini bentuk silaturahim pengurus termasuk majelis. Ini untuk menyongsong Pemilu 2024 agar PPP bisa kembali suaranya dan berharap dukungannya kiai-kiai," kata Mundjidah.

Selain itu, Mukerwil ini kata Mundjidah untuk menyerap aspirasi para kader khususnya soal usulan capres. Nanti usulan itu akan disampaikan ke DPP PPP.

"Tadi saya sampaikan bahwa dinamika untuk perkembangan saat ini kita menampung aspirasi dari bawah soal siapa capres. Yang penting ada nama, dan usulan kita serahkan ke DPP. Nanti kan ada Rapimnas," terangnya.

Baca Juga: PPP Pasang Kriteria Capres 2024: Berahlaq Baik dan Dekat Sama Rakyat

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya