1.758 Personel Polda Jatim Disiagakan untuk May Day

Ada rekayasa lalin

Surabaya, IDN Times - Ribuan personel gabungan TNI-Polri dikerahkan dalam pengamanan Hari Buruh Internasional (May Day) di Kota Surabaya. Total ada sebanyak 1.758 personel polda diterjunkan untuk memback up Polrestabes Surabaya.

“Kita libatkan juga personel TNI dan instansi samping,” ujar Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto, Selasa (30/4/2024). 

Dirmanto mengimbau kepada masyarakat khususnya pekerja atau buruh yang memperingati May Day untuk tidak euforia yang berlebihan. Dia berharap kepada Masyarakat agar dalam merayakan dan memperingati hari buruh dengan hikmat dan santun.

“Mari kita peringati May Day dengan membuat kegiatan yang membawa manfaat untuk masyarakat di lingkungan masing – masing,” ungkap Dirmanto.

 

Sementara itu bagi para pengguna jalan agar menghindari jalan yang menjadi tempat kumpul massa buruh dan lokasi peringatan May Day. Personel Polda Jatim yang disiagakan untuk memberikan jaminan keamanan nantinya akan dikomunikasikan dengan para ketua serikat pekerja.

 

"Perwakilan dari luar Kota Surabaya yang merayakan May Day nanti kita kawal dan kita beri pengamanan agar tidak sampai mengganggu pengguna jalan yang lain,” katanya.

 

Pengamanan May Day nantinya juga akan fokus di beberapa kantor pemerintahan yang menjadi titik aksi saat peringati May Day. Di antaranya, Kantor DPRD Provinsi Jatim, Kantor Gubernur Jatim dan Gedung Negara Grahadi. Selain itu juga SPS Romokalisari, Bundaran Karang Poh, depan KBS serta kawasan industri SIER.

 

Kemudian ada sembilan exit tol yang juga akan dilakukan pengamanan di antaranya, exit tol Romokalisari, Tandes, Dupak, Banyuurip, Satelit, Gunungsari, Warugunung, Waru Utama dan tol Brebek.

 

Polisi juga akan melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Kantor Gubernur Jatim. “Kendaraan dari Jalan Kebon Rojo, Jalan Veteran yang menuju ke Jalan Pahlawan diarahkan menuju ke St Kota,”terangnya.

 

Sedangkan kendaraan dari Jalan Tembaan menuju Jalan Sulung Sekolahan diarahkan lurus menuju Jalan Pasar Besar. Rekayasa lalu lintas di Gedung Negara Grahadi, kendaraan dari arah Basuki Rahmat yang akan mengarah ke Jalan Gubernur Suryo, diarahkan menuju Jalan Embong Malang. 

 

Kendaraan yang dari arah Jalan Gemblongan dan Jalan Prambon menuju Jalan Tunjungan diarahkan ke Genteng Kali. Sedangkan kendaraan dari Jalan Tunjungan ke Jalan Gubernur Suryo di putar balik di U TURN LCC menuju Jalan Embong Malang. 

 

“Sementara kendaraan dari arah Jalan Ngaglik menuju Jalan Simpang Dukuh diarahkan ke Jalan Genteng Kali,” tambah Dirmanto.

 

Rekayasa lalu lintas juga dilakukan di Gedung DPRD Provinsi Jatim, kendaraan dari Jalan Veteran yang akan menuju Jalan Kebon Rojo, diarahkan menuju Jalan Stasiun Kota. Kendaraan dari Jalan Bubutan menuju Jalan Indrapura diarahkan menuju Jalan Stasiun Kota dan Jalan Pahlawan.

 

Bus disiapkan di Jalan Indrapura dan Rajawali, sedangkan untuk mobil pribadi di Jalan Johar, Tugu Pahlawan, Pasar Besar, Sulung, Indrapura dan Pasar Turi, untuk motor di Jalan Johar, Tugu Pahlawan, Pasar Besar.

 

 

Baca Juga: 20 Ribu Buruh Bakal Turun Jalan saat May Day 2024

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya