TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gawat Rek! 80 Persen Bus Pariwisata di Kota Batu Tak Laik Jalan

Bus pariwisata dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat

Razia kelayakan bus di Kota Batu. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Batu, IDN Times - Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Arjosari Malang, Satlantas Polres Batu, dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu melakukan razia dadakan pada sejumlah bus yang tiba di Kota Batu di Jatim Park 1, Jatim Park 2, Jatim Park 3, dan Taman Rekreasi Selecta pada Kamis (23/5/2024) hingga Minggu (26/5/2024). Sebanyak 112 bus terjaring razia dan menjalani prosedur ramp check secara fisik dan administrasi kendaraan bus. Hasilnya mengejutkan, 80 persen dari jumlah bus tersebut tidak laik jalan.

1. Bus tak laik jalan di Kota Batu berasa dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat

Pengawas Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Arjosari Malang, Maria Margareta mengatakan jika sejumlah bus yang dilakukan ramp check berasal dari berbagai daerah seperti Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Bus yang bermasalah diantaranya pada Kartu Pengawasan (KPS) dan Buku Uji Kendaraan Bermotor Wajib Uji (STUK) atau Buku KIR yang tidak ada atau masih proses perpanjangan.

"Selain itu, kami juga menemukan armada bus dengan STNK habis masa berlakunya. Kemudian ada jumlah kursi penumpang tidak sesuai dengan Buku KIR," terangnya saat dikonfirmasi pada Rabu (29/5/2024).

Dalam pengecekan fisik juga ditemukan bus dengan lampu tanda mundur yang tidak berfungsi, ban menegalami vulkanisir atau aus, tidak memiliki APAR, tidak ada sabuk pengaman atau tidak dalam kondisi baik, klakson tidak berfungsi baik, hingga alat pemecah kaca tidak ada.

"Jadi kami beri peringatanbpada armada bus yang tidak laik jalan, beberapa tidak boleh beroperasi, dan kami wajibkan untuk dilakukan perbaikan. Ada juga armada bus yang harus melengkapi kekurangan yang ada," jelasnya.

Baca Juga: Sopir Bus Study Tour Jadi Tersangka Kecelakaan di Tol Jombang

2. Razia bus ini untuk meminimalisir kecelakaan bus yang mulai sering terjadi di Indonesia

Maria menegaskan jika pengecekan bus yang dilakukan ini untuk mengantisipasi adanya kecelakaan maut yang belakangan sering terjadipada armada bus. Apalagi kondisi geografis Kota Batu berada di dataran tinggi, sehingga banyak jalanan yang curam dan jurang di pinggir jalan.

"Kami tegaskan pada kendaraan-kendaraan yang dinyatakan tidak laik jalan agar memperbaiki atau mengganti armada yang lebih baik. Bus yang tidak laik jalan diantaranya karena kurangnya kelengkapan administrasi dan kondisi fisik kendaraan," tegasnya.

3. Meskipun Kota Batu masih nihil kecelakaan bus, Satlantas Polres Batu tetap peringatan PO untuk tertib

Kanit Kamsel Satlantas Polres Batu, Ipda Sumardiono mengatakan jika selama Mei 2024 belum ada kecelakaan yang melibatkan bus pariwisata di Kota Batu. Tapi ia memperingatkan Perusahaan Otobus (PO) untuk mempersiapkan armadanya dengan baik saat berwisata ke Kota Batu.

"Kita himbau para sopir bus yang berwisata Kota Batu agar tetap memperhatikan keselamatan baik sopir maupun penumpangnya. Kami minta selalu cek kondisi kendaraan, kondisi kesehatan sopir, dan apabila mengantuk harus istirahat di rest area yang terdekat," pungkasnya.

Baca Juga: Pemkab Malang Gak Melarang Study Tour

Verified Writer

Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya