TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Harga Kedelai Naik, Tahu dan Tempe di Surabaya Ikut Naik

Harga kedelai naik dari Rp9.500 menjadi Rp11.500 perkilogram

Pedagang tempe di Pasar Tambakrejo Surabaya, Jumat (18/2/2022) (IDN Times/Khusnul Hasana)

Surabaya, IDN Times - Harga kedelai mulai naik di pasaran. Dari yang sebelumnya Rp9.500 meningkat menjadi Rp11.500. Kenaikan harga kedelai ini pun berimbas terhadap harga tahu dan tempe di pasaran.

1. Pedagang sayur keliling berimbas

Pedagang sayur keliling yakni Rianto merasakan kenaikan harga tempe sejak satu bulan lalu. Ia mengatakan bahwa harga tempe yang biasa ia beli Rp 1.500 kemudian dijual dengan harga Rp 2.000 kini mengalami peningkatan.

"Harga tempe sekarang naik, biasanya kulakan harga Rp 1.500 jual harganya Rp 2.000. Tapi sekarang kulak Rp 2.000 dijual Rp 2.500," ujarnya saat ditemui IDM Times, Jumat (18/2/2022).

Meski begitu permintaan akan tempe tetap saja sama, tak ada penurunan maupun peningkatan. "Tapi meski naik masih banyak yang beli karena tempe kan kebutuhan pokok," tutur Rianto.

2. Penjual Tahu dan Tempe di Pasar Surabaya mengeluh

ilustrasi tempe sebagai bahan tempe woku (pexels.com/cottonbro)

Salah satu penjual tempe yakni Rahma yang berjualan di Pasar Tambakrejo mengaku harga tempe di pasar belum terlalu tinggi yakni dikisaran harga Rp2.500 perbaloknya. Namun, harga tahu sudah mengalami peningkatan, biasanya ia membeli dengan harga Rp1.500 kini harus membeli dengan harga Rp3.500. 

"Sudah 2 mingguan begini kondisinya, susah. Berharap pemerintah turun tangan," kata Rahma. 

Ia juga mengatahui bahwa nantinya pengerajin tempe akan melalukan mogok produksi. "Nanti lihat hasil aksinya, kalau berhasil ya turun atau tetap. Kalau nggak ya tinggi banget," jelasnya. 

Penjual lain di Pasar Pucang Surabaya, Aminah mengatakan sejak harga kedelai naik, tempe dan tahu yang dipasarkannya juga cenderung lebih tipis dari ukuran normalnya. Ia mengatakan bahwa dirinya merasa keberatan dengan kenaikan harga tahu dan tempe.

Meski begitu, harga tempe dan tahu di lapak dagangannya masih tak berubah. "Masih stabil, tempe (ukuran balok) kisaran Rp4.000 dan tahu Rp3.000 yang ukuran kotak besar," ujarnya.

Berita Terkini Lainnya