TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bandara Kediri Lebih Besar dari Juanda, Tol Disiapkan hingga Pacitan

Akan berdampak ke berbagai sektor

Ilustrasi jalan tol/Dok. Jasa Marga

Surabaya, IDN Times - Bandara Kediri digadang-gadang lebih besar dari pada Bandara Juanda, Sidoarjo. Hal itu merujuk pada tampungan kapasitas penumpang tiap tahunnya. Jika Bandara Juanda menampung 12 juta penumpang per tahun. Bandara Kediri ditarget 15 juta per tahun.

Untuk melengkapi itu, tentunya dibutuhkan infrastruktur penunjang berupa jalan tol. Dinas Perhubungan Jatim pun telah menyiapkan skemanya. Kepala Dishub Jatim, Fattah Jasin mengatakan, Pemprov Jawa Timur tengah mengajukan untuk pembangunan tol. Aksesnya yaitu mulai Kabupaten Kediri hingga Tulungagung.

"Tol yang eksisting ke Kediri itu mestinya bisa diparipurnakan lanjut Tulungagung untuk bisa mempercepat akses sampai ke Blitar-Trenggalek-Pacitan," jelas Fattah, Selasa (1/10).

 

1. Masih pengajuan ke BPJT

Ilustrasi jalan tol/ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Terkait pengajuan, Fattah menyampaikan, Gubernur Khofifah sudah mengajukan ke Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT). Karena kewenangan jalan tol ialah milik BPJT. "Ini masih dalam pengajuan ke BPJT," ucapnya.

Pemprov ingin agar pembangunan akses ke bandara tidak dibangun setelah bandara jadi baru mulai. Melainkan lebih baik dilakukan secara berseiring. 

Baca Juga: Groundbreaking Bandara Kediri Januari 2020, Target Selesai 2021

2. Berikan dampak besar berbagai sektor

ilustrasi bandara/Twitter.com/@hkairport

Pembangunan bandara Kediri, menurut Fattah, memberikan dampak besar. Karena dapat akan menjadi pintu masuk pengembangan sektor pendidikan, pariwisata, perkebunan dan pariwisata yang potensinya begitu besar di Selingkar Wilis.

"Tapi yang pasti potensi penerimaan pajak dari sektor lain misal restoran, hotel itu akan masuk ke kita. Bandara ini akan membawa dampak besar untuk Jawa Timur khususnya di kawasan Selingkar Wilis," kata Fattah.

Bandara Kediri ini akan dibangun di atas lahan seluas 370 hektar dengan runway 3.300 meter. Yang akan menyediakan rute penerbangan internasional. Bandara Kediri akan dilakukan ground breaking di Januari 2020 mendatang dan diskemakan selesai di akhir tahun 2021.

Baca Juga: Pembebasan Lahan Proyek Bandara Kediri Kurang 17 Hektare

Berita Terkini Lainnya