TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KPU Banyuwangi Buka Pendaftaran PPK, Cek Syarat dan Cara Daftarnya

KPU ajak masyarakat sukseskan Pilkada 2024 bersama

Proses pendaftaran PPK di KPU Banyuwangi untuk Pilkada 2024. (IDN Times/ Agung Sedana)

Banyuwangi, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi membuka pendaftaran calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada 2024. Pendaftaran dilakukan dengan sistem seleksi secara terbuka. Totalnya, KPU membutuhkan 125 petugas PPK di Banyuwangi. Sesuai jadwal, Pilkada akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang.

1. Dibutuhkan 5 PPK tiap kecamatan

Proses pendaftaran PPK di KPU Banyuwangi untuk Pilkada 2024. (IDN Times/ Agung Sedana)

Komisioner Divisi SDM Parmas KPU Banyuwangi, Dian Purnawan mengatakan, seleksi akan dilakukan untuk masing-masing calon pendaftar dari tiap kecamatan yang ada. Di setiap kecamatan, dibutuhkan 5 orang PPK dengan pembagian tugas masing-masing nantinya.

"Ada beberapa rangkaian seleksi, mulai administrasi, tes tertulis hingga nanti interview. Ini seleksi terbuka," kata Dian, Kamis (25/4/2024).

Baca Juga: Jatuh ke Sungai, Bocah di Banyuwangi Hilang

2. KPU siap bantu proses pendaftaran dari awal hingga akhir

Proses pendaftaran PPK di KPU Banyuwangi untuk Pilkada 2024. (IDN Times/ Agung Sedana)

Dian mengatakan, ada dua tahap untuk melakukan pendaftaran PPK ini. Pertama, calon pendaftar harus membuat akun SIAKBA KPU. Setelah itu mengisi pendaftaran secara online di akun tersebut dan melengkapi setiap dokumen yang dibutuhkan. Dokumen itu kemudian diunggah ke akun tersebut, sesuai dengan kolom yang tersedia.

"Ada format dokumen yang dibutuhkan, mohon itu diperhatikan. Kemudian ikuti petunjuk yang ada di aplikasi dan unggah dokumen yang dibutuhkan," katanya.

Setelah lengkap dan sukses melakukan pendaftaran online, calon pendaftar harus menyerahkan dokumen fisik pendaftaran ke kantor KPU Banyuwangi. Disitulah dokumen akan dicocokkan apakah sudah memenuhi syarat apa belum. Apabila calon pendaftar merasa kesulitan, KPU Banyuwangi menyediakan belasan layanan operator untuk membantu.

"Kami menyediakan bantuan di helpdesk KPU Banyuwangi. Operator di sana nanti akan membantu, mulai dari proses awal hingga akhir. Jika masih kesulitan pendaftaran online, langsung ke KPU saja nanti dibantu," jelasnya.

Verified Writer

Agung Sedana

Sebagus-bagusnya tulisan, adalah tulisan yang menginspirasi, membangun, dan mengedukasi. Setiap orang berhak mendapatkan informasi yang benar-benar akurat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya