TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hutan Merapi Ungup-ungup Kebakaran, Pemadaman Cuma Bisa Lewat Udara

Jurang dan tebing curam, mustahil dijangkau kendaraan

Gunung Merapi Ungup-ungup Banyuwangi terbakar. (Istimewa)

Banyuwangi, IDN Times - Kawasan hutan Gunung Merapi Ungup-ungup di Banyuwangi, Jawa Timur, terbakar. Menurut laporan yang diterima IDN Times, kebakaran mencakup luasan sekitar 10 hektare di blok Kalibendo dan sekitarnya.

Baca Juga: Kebakaran Meluas hingga ke Merapi Ungup ungup

1. Pemadaman via darat mustahil dilakukan

Gunung Merapi Ungup-ungup Banyuwangi terbakar. (Istimewa)

Menurut laporan BPBD Banyuwangi, upaya pemadaman via darat mustahil untuk dilakukan. Ini karena titik api yang membakar hutan berada di sekitaran puncak gunung. Sementara lokasi tersebut mustahil dijangkau menggunakan jalur darat.

"Untuk pemadaman api tidak dapat dilakukan secara manual atau menggunakan jalur darat. Pemadaman mungkin dilakukan menggunakan helikopter," kata Sekretaris BPBD Banyuwangi, Mujito, saat dikonfirmasi pada Sabtu (12/8/2023).

2. Hanya bisa dilakukan pemantauan visual

Gunung Merapi Ungup-ungup Banyuwangi terbakar. (Istimewa)

Disisi lain, secara geografis untuk menuju lokasi harus melalui medan yang sulit dengan dominasi tebing tinggi dan jurang. Pengecekan langsung ke lokasi dinilai cukup berbahaya. Mujito menyebut, untuk menuju ke lokasi saja membutuhkan waktu paling cepat 8 jam dengan berjalan kaki.

"Sementara dilakukan pemantauan dari wilayah perkebunan Kaliklatak Kalipuro. Karena perjalanan menuju ke titik api sangat jauh. Perkiraan bisa lebih dari 8 jam," ungkapnya.

Baca Juga: Anak Gunung Pananggungan Kebakaran, 15 Hektare Vegetasi Hangus

Verified Writer

Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya