TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Catat! Segini Harga Tiket Kapal Terbaru Jawa-Bali Per Agustus 2023

Tiket sepeda motor nyeberang ke Bali ditarif Rp31 ribuan

Kendaraan keluar dari kapal di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. (FOTO: IDN Times/ Agung Sedana)

Banyuwangi, IDN Times - Mulai hari Kamis 3 Agustus 2023 mendatang, tiket kapal penyeberangan di Selat Bali, baik rute Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk atau sebaliknya memiliki tarif baru. Kenaikan tarif kapal ini sudah disosialisasikan sebelumnya baik dari pihak PT ASDP Ferry maupun dari pihak pengusaha kapal. Berikut detail semua tarif terbaru yang akan diterapkan.

Baca Juga: Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Padat Merayap, Antrean Panjang 6 Km

1. Tarif naik, fasilitas semakin mumpuni

Suasana penyeberangan di pelabuhan Ketapang Banyuwangi. (IDN Times/ Agung Sedana)

Syamsudin, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang Banyuwangi, mengatakan perubahan tarif ini berdasarkan Keputusan Menteri RI Nomor KM 61 Tahun 2023. Guna meningkatkan segala aspek mutu penyeberangan, tarif penyeberangan naik hingga besaran 5 persen.

Menyusul kenaikan tarif ini, pihak ASDP terus melakukan perbaikan fasilitas dan juga peningkatan pelayanan. Dalam waktu dekat ini, ASDP Ketapang segera menambah infrastruktur khusus kendaraan logistik dengan rute langsung Ketapang-Lembar.

"Peningkatan pelayanan dan juga infrastruktur terus kami lakukan. Ini semua dilakukan untuk kenyamanan pengguna jasa penyeberangan," jelas Syamsudin, Sabtu (29/7/2023).

2. Perawatan kapal lebih sering dilakukan

Sejumlah kapal di Banyuwangi sedang sandar. (IDN Times/ Agung Sedana)

Atas keputusan kenaikan tarif kapal ini disambut baik oleh I Putu Widiana selaku Ketua Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Banyuwangi. Dengan penyesuaian tarif ini, para pengusaha kapal bisa melakukan perawatan kapal sehingga menjadi lebih prima lagi.

Putu Wudiana menyatakan, sebelum kenaikan ini para pengusaha kapal harus merogoh kocek ekstra untuk perawatan kapal. Disisi lain, harga suku cadang kapal semakin mahal mengikuti harga standar internasional. Selain itu, harga BBM terus melambung tinggi.

"Tentunya kami selalu berusaha untuk memenuhi standar pelayanan dan kelayakan. Ini harus terpenuhi sebelum izin operasi bisa keluar. Jangan sampai ada kerusakan baru diperbaiki," ungkapnya.

Baca Juga: Libur Sekolah, Pelabuhan Ketapang Dipadati Kendaraan Pribadi

Verified Writer

Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya