TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Durian Banyuwangi Panen Raya, Rasanya Tak Semanis Dulu 

Berbuah, namun beberapa berasa hambar

Penjual durian. (FOTO: IDN Times/ Agung Sedana)

Banyuwangi, IDN Times - Stok buah durian di Banyuwangi, Jawa Timur, terbilang cukup banyak dalam dua pekan terakhir ini. Pantauan IDN Times, di pinggiran jalan berdiri banyak lapak dadakan yang menjual berbagai jenis durian. Meskipun stoknya sedang banyak-banyaknya, namun kualitas rasa durian saat ini terbilang kurang sempurna dari biasanya.

Baca Juga: Kampung Mandiri di Surabaya, Panen Durian Sampai Kelola Limbah

1. Hujan membuat rasa durian hambar

Penjual durian. (FOTO: IDN Times/ Agung Sedana)

Supri (56), warga Desa Soonggon, Kecamatan Songgon yang memiliki lahan durian di Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, mengatakan bahwa panen raya kali ini tak sebanyak tahun lalu. Menurutnya, banyak durian muda yang rontok akibat hujan deras yang turun setiap hari beberapa waktu lalu. Selain itu, hujan juga mempengaruhi kualitas rasa dari durian itu sendiri.

"Tidak sebanyak panen sebelumnya. Kalau rasanya masih sama untuk beberapa pohon, tapi ada juga yang kurang. Maklum hujan terus di sini," katanya, Sabtu (15/7/2023).

Supri menyebut, beberapa pohon durian miliknya bahkan dikatakan gagal panen. Meskipun mampu menghasilkan buah dengan ukuran besar, namun buahnya terasa hambar. "Besar memang, tapi hambar, selain itu beberapa juga busuk. Dari wanginya saja sudah tidak keluar," jelasnya.

2. Pembeli harus pandai memilih

Durian Banyuwangi. (FOTO: IDN Times/ Agung Sedana)

Sementara dari sisi tengkulak, Sholik (42), warga Desa Pesucen, Kecamatan Kalipuro, mengaku dari segi penjualan memang terbilang meningkat. Namun untuk memperoleh durian dengan kualitas baik diakuinya agak sedikit kesulitan. Selain itu, tengkulak benar-benar dituntut harus pilih-pilih durian dan asal panennya untuk mendapatkan kualitas yang baik.

"Kalau stok masih selalu ada, tapi ya tidak sebanyak biasanya. Kalau saya biasanya cuman ambil dari Songgon atau Segobang saja. Selain itu tidak," jelasnya.

Dari segi harga, Sholik mengaku durian saat ini masih berada pada harga normal. Meskipun agak kesulitan menemukan durian dengan kualitas baik, namun saat ini adalah musim panen raya. Sehingga stok durian di Banyuwangi terbilang melimpah.

Baca Juga: 6 Ciri Durian Musang King Asli, Jangan Sampai Salah Beli!

Verified Writer

Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya