6 Tips Liburan Hemat ke Ponorogo

Yuk agendakan segera!

Kabupaten Ponorogo yang terletak di ketinggian 92 sampai 2563 meter di atas permukaan laut membuatnya menjadi salah satu daerah tujuan wisata. Tak cuma perbukitan dan dataran tinggi, terdapat pula 14 sungai sebagai sumber irigasi pertanian yang menambah keindahan Kota Ponorogo.

Hal lain yang membuat Ponorogo banyak dikunjungi adalah biaya hidup di sana yang relatif murah. Cocok banget buat yang mencari paket liburan hemat. Nah, buat kamu yang ingin mencoba liburan hemat ke Ponorogo, cobalah untuk mengikuti tips berikut ini. Liburanmu dijamin bakal tetap seru dan menyenangkan.

1. Kunjungi wisata murah meriah, mulai dari air terjun hingga hutan pinus ada semua di sana

6 Tips Liburan Hemat ke PonorogoTelaga Ngebel Ponorogo (Instagram/infongebel)

Jangan sampai kamu datang ke Ponorogo tanpa tahu ingin mengunjungi wisata apa di Kota Reog tersebut. Jadi, cobalah untuk melakukan survei tempat wisata Ponorogo melalui google maps. Kamu tidak perlu khawatir dengan harga tiket wisata alam di Ponorogo, umumnya kamu hanya akan diminta retribusi kurang dari Rp10 ribu saja, lho!

Beberapa wisata yang terkenal di Ponorogo antara lain Telaga Ngebel, Gunung Beruk, Hutan Pinus Nongko Ijo, Air Terjun Sunggah, Gunung Bedes, Mloko Sewu, Air Terjun Widodaren, Kedung Kenthus, Taman Wisata Ngembag, Tumpak Pare, Kintamani Waterpark, Pemandian Air Panas, Museum Tumenggung Jayengrono, Bukit Teletubbies, dan masih banyak lagi lainnnya.

Baca Juga: 6 Tips Liburan Hemat di Tulungagung, Banyak Wisata Gratisnya!

2. Tak ada kereta yang melintas di Ponorogo, gunakan kendaraan pribadi atau bus

6 Tips Liburan Hemat ke PonorogoTerminal bus Ponorogo (Instagram/iloveponorogo)

Ponorogo adalah salah satu daerah yang saat ini tidak lagi dilalui oleh jalur kereta api. Di Kota Reog ini sebenarnya terdapat satu stasiun yang saat ini telah dialihfungsikan sebagai tempat wisata kuliner. Jadi, untuk sampai di Ponorogo kamu hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bus. 

Kamu bisa menuju Ponorogo menggunakan travel jika bersama rombongan atau menaiki bus dari terminal Trenggalek, Madiun, Pacitan atau Solo (Jawa Tengah) jika datang dengan beberapa orang saja. Ketika sampai di Ponorogo kamu bisa menyewa motor atau mobil untuk mengeksplor Bumi Reog tersebut. 

Jasa penyewaan kendaraan di Ponorogo yang bisa kamu pakai antara lain yaitu CV Ilham Motor, Jawa Transport, Rental Motor Mitra Bersama, Aikha Rental Mobil, Twins Rent Car & Tour, Darno Trans, Squad Trans wisata, Sewa Mobil Al-Marwah, Fiqris dan lain sebagainya. 

3. Pilih akomodasi harga terjangkau, ada banyak pilihan penginapan di bawah Rp200 ribu semalam

6 Tips Liburan Hemat ke PonorogoSalah satu room Hotel Dirgahayu (Instagram/hoteldirgahayupo)

Untuk pilihan akomodasi murah di Ponorogo kamu tidak perlu khawatir, karena rata-rata hotel di Ponorogo bisa kamu dapatkan di harga kurang dari Rp200 ribu saja. Jadi, kamu bisa beristirahat dengan nyaman dan tenang tanpa perlu khawatir bahwa budgetmu bakal membengkak. 

Hotel-hotel dengan harga di bawah Rp200 ribu di Ponorogo antara lain Hotel Dirgahayu, Hotel Aman, Hotel Galaksi, Aura Homestay, Hotel, Hotel Syariah, Reddoorz Near Alun-alun Ponorogo, Reddoorz Syariah Raya Ponorogo dan lain sebagainya. 

4. Kunjungi wisata gratisnya

6 Tips Liburan Hemat ke PonorogoMalioboro Ponorogo (Instagram/jatim.in)

Biar kelihatan kalau kamu lagi liburan di banyak tempat wisata di Ponorogo, maka jangan lupa untuk mengunjungi tempat nongkrong atau wisata gratisnys. Jadi, kamu bisa mengunjungi banyak tempat tanpa perlu menambah biaya pengeluaran untuk tiket wisata.

Tempat wisata gratis di Ponorogo yang bebas kamu kunjungi yaitu Alun-alun Ponorogo, Malioboro Ponorogo, Masjid Jami' Tegalsari, Taman Kelinci Ponorogo, Taman Wengker, Bukit Cumbri, Puncak Pringgitan dan masih banyak lagi lainnya.

5. Kuliner makanan khas Ponorogo dengan harga merakyat

6 Tips Liburan Hemat ke PonorogoSoto Ayam Segar (Instagram/wisatakulinerponorogo)

Yang namanya liburan hemat, pasti gak bakal jauh-jauh dari kata murah ya! Termasuk dalam pilihan kulinernya, agar pengeluaran tidak membengkak kamu bisa mencari makan di tempat-tempat makan dekat kampus, dekat pesantren atau di warung-warung makan tradisionalnya.

Nasi Pecel Mbok Rah, Warung Sego Gegok Mbah Tumirah, Warung Tahu Lontong Mbah Gareng, Gethok Golan, Warung Dawet Jabung Bu Sumini, Soto Borang Ponorogo, Soto Ayam Seger, Rujak Petis Bu Tiek, Serabi Notosuman dan lain sebagainya.

6. Belanja di pasar tradisional dan pusat oleh-oleh

6 Tips Liburan Hemat ke PonorogoPasar Legi Ponorogo (Instagram/wisatakulinerponorogo)

Sebelum pulang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh buat keluarga di rumah. Meskipun budget kamu terbatas, kamu bisa mencoba mencari oleh-oleh berupa souvenir atau jajanan khas Ponorogo seperti jenang mirah, madu mongso, thoring, bumbu rujak Welirang dan sebagainya.

Sementara, pusat perbelanjaan tradisional yang bisa kamu kunjungi di Ponorogo antara lain Pasar Rakyat Tonatan, Pasar Pon Ponorogo, Pasar Wage Jetis Ponorogo dan Pasar Legi Ponorogo. Dan beberapa pusat oleh-oleh yang ada di Ponorogo yaitu Aneka Jenang Dodol Teguh Raharjo, Jenang Mirah Desa Josari, Toko Oleh-Oleh Murni.

 

Jika kamu liburan ke Ponorogo pada hari-hari tertentu seperti saat akhir tahun, Grebeg Suro sekaligus hari jadi Kabupaten Ponorogo dan hari-hari tertentu lainnya kamu bisa melihat Festival Reog Ponorogo, lho! Jadi, jangan lupa untuk menentukan tanggal yang tepat ya sebelum liburan ke Ponorogo!

Baca Juga: 6 Tips Liburan Hemat ke Blitar, Eksplor Keindahan Kota Proklamator

Alvi Nur Jannah Photo Community Writer Alvi Nur Jannah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya