Positif COVID-19, Sutiaji Sempat Bertemu Bupati Situbondo 

Bertemu saat agenda di Kota Batu

Malang, IDN Times - Wali Kota Malang, Sutiaji resmi dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19. Sebelum dinyatakan positif COVID-19, yang bersangkutan memang menjalani cukup banyak agenda baik di Kota Malang maupun di luar kota. Kondisi tersebut membuat Humas Kota Malang masih belum bisa memprediksi dari mana orang nomor satu di Kota Malang itu terkena COVID-19. 

1. Sempat bertemu dengan Bupati Situbondo

Positif COVID-19, Sutiaji Sempat Bertemu Bupati Situbondo Wali Kota Sutiaji juga menyampaikan ucapan terima kasih atas peran serta ormas yang ada di Kota Malang. Dok. Humas Pemkot Malang

Sepanjang tiga pekan terakhir, memang Sutiaji menjalani agenda yang cukup padat. Kabag Humas Pemkot Malang, Nur Widianto kemudian merinci beberapa agenda yang menjadi titik potensi orang nomor satu di Kota Malang itu terpapar COVID-19. Pertama adalah agenda bersama dengan Pemprov Jatim di Hotel Singhasari Kota Batu pada pertengahan November lalu.

Pada saat itu, Sutiaji juga sempat bertemu dengan Bupati Situbondo, almarhum Dadang Wigiarto yang meninggal akibat positif COVID-19

"Kami tidak bisa memastikan terpapar di mana. Tetap sejumlah agenda itu memang kami anggap potensi menjadi awal terpaparnya beliau. Setelah di Batu, pak wali juga intens mengunjungi ketika di Kota Malang muncul klaster perkantoran. Ada agenda ke luar kota yang juga bisa jadi potensi awal terpapar. Termasuk ketika beliau menerima kunjungan tamu dari luar kota," terangnya Selasa (1/12/2020). 

2. Belum dapat keterangan resmi posisi wali kota

Positif COVID-19, Sutiaji Sempat Bertemu Bupati Situbondo Wali Kota Malang Sutiaji. (Dok. Humas Pemkot Malang)

Lebih lanjut, Nur Widianto mengakui bahwa dirinya belum mendapat informasi resmi mengenai keberadaan Sutiaji saat ini. Ia belum bisa terhubung denga Sutiaji. Sejauh yang ia ketahui, Sutiaji berada di rumah dinas wali kota yang berada di Jl Kawi, Kota Malang.

Tetapi, jika melihat rekaman video tang diunggah di instagram pribadi milik Sutiaji, maka Nur Widianto memperkirakan posisi yang bersangkutan tidak sedang di rumah dinas. 

"Kalau dari video karena terlihat ada infus dan gelang perawatan maka indikasinya kalau tidak di rumah pribadi ya di rumah sakit. Tetapi ini bukan jawaban pasti karena hanya berdasar analisa video yang beliau unggah," tambahnya. 

3. Belum pastikan kondisi keluarga

Positif COVID-19, Sutiaji Sempat Bertemu Bupati Situbondo Wali Kota Malang Sutiaji bersama istri, Widayati Sutiaji, melakukan kunjungan pada acara penilaian Kampung Bersinar di Wonosari Go Green RW 19, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Rabu (4/11/2020). (Dok. Humas Pemkot Malang)

Nur Widianto juga belum mendapat informasi mengenai keluarga dari Sutiaji. Ia menyebut bahwa saat rapid test lalu mendapat konfirmasi bahwa putri pertama dari orang nomor satu di Kota Malang itu reaktif. 

"Kami belum memastikan kondis keluarga sejauh ini. Kalau dari hasil rapid tes beberapa hari lalu memang bapak hasil rapid nya non reaktif. Tapi putri beliau reaktif," sambungnya. 

Baca Juga: [BREAKING] COVID-19, Bupati Situbondo Meninggal Pukul 16.00 WIB

4. Lakukan antisipasi dengan rapid berkelanjutan

Positif COVID-19, Sutiaji Sempat Bertemu Bupati Situbondo Walikota Malang, Sutiaji (tengah) saat meninjau rekonstruksi jembatan Muharto, Senin (25/11/2019). Dok Humas Pemkot Malang

Sementara itu, untuk antisipasi Wiwid menyebut bahwa Pemkot langsung melakukan kebijakan WFH selama 14 hari kedepan. Selain itu, pada akhir pekan lalu juga dilakukan sterilisasi dan penyemprotan disinfektan di kawasan Balai Kota Malang. Kemudian untuk antisipasi lain maka dilakukan rapid tes berkalnjutan secara berkala kepada seluruh pegawai di lingkup Pemkot Malang. 

"Karena itu kami berusaha melakukan pembentengan terhadap apa yang ada saat ini. Salah satunya dengan rapid test secara berkelanjutan," tandasnya. 

Baca Juga: Wali Kota Malang Umumkan Dirinya Positif COVID-19 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya