Comscore Tracker

Pendonor Meningkat, Stok Darah di Kota Malang Aman Hingga Lebaran 

Donor darah meningkat memasuki pertengahan Ramadan

Malang, IDN Times - Bagi masyarakat kota Malang, Bulan Ramadan tampaknya sama dengan bulan-bulan lainya. Meskipun tengah berpuasa, mereka tetap menunjukkan sikap peduli terhadap sesama. Salah satunya adalah melakukan donor darah. Sempat menurun pada awal bulan Ramadan, namun kini pendonor darah di Palang Merah Indonesia (PMI) kota Malang justru meningkat. 

Baca Juga: 6 Alasan Utama Kenapa Kamu Gak Perlu Takut Donor Darah, Bikin Sehat!

1. Stok darah aman sampai lebaran

Pendonor Meningkat, Stok Darah di Kota Malang Aman Hingga Lebaran IDN Times/ Alfi Ramadana

Banyaknya pendonor yang ingin mendonorkan darahnya tentu saja membuat stok kantong darah di PMI kota Malang melimpah. Hingga hari Senin (13/5) PMI Kota Malang mampu melayani pendonor hingga 81 orang per hari. Jumlah tersebut meningkat dua kali lipat dibanding awal Ramadan yang hanya 41 orang perhari. 

"Prediksi kami untuk stok kantong darah aman hingga H+7 lebaran," beber Kepala Unit Transfusi Darah(UTD) PMI Kota Malang, Enny Sekar Rengganingati. 

2. Pendonor semakin meningkat pada pertengahan Ramadan

Pendonor Meningkat, Stok Darah di Kota Malang Aman Hingga Lebaran IDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih lanjut, Enny memprediksi bahwa jumlah pendonor akan terus meningkat memasuki pertengahan Ramadan. Bertambahnya jumlah pendonor tentu membuat stok kantong darah di PMI kota Malang menjadi melimpah dan tidak sampai kehabisan. 

"Sebelum Ramadan kami memiliki stok sekitar 2000 kantong darah. Untuk saat ini memasuki pertengahan kami prediksi pendonor per hari bisa mencapi 100 orang. Jadi kalau dikalkulasi, stok darah aman hingga H+7 lebaran," tambahnya. 

3. PMI buka donor darah hingga Malam

Pendonor Meningkat, Stok Darah di Kota Malang Aman Hingga Lebaran IDN Times/ Alfi Ramadana

Untuk melayani para pendonor, PMI kota Malang memberikan fasilitas ekstra. Mereka membuka kesempatan bagi para pendonor hingga pukul 21.30 WIB. Selain juga PMI menyiapkan mobil keliling yang akan stand by di pusat keramaian untuk jemput bola terhadap para pendonor yang tak sempat ke kantor PMI.

"Untuk para pendonor kami berikan apresiasi berupa beras 5 Kg. Kalau untuk mobil keliling biasanya bisa mendapatkan 50 kantong per hari," paparnya. 

4. Penyaluran kantong darah untuk wilayah Malang Raya

Pendonor Meningkat, Stok Darah di Kota Malang Aman Hingga Lebaran IDN Times/ Alfi Ramadana

Saat ini, pihak PMI kota Malang masih memprioritaskan distribusi kantong darah untuk wilayah Malang Raya. Namun Enny menambahkan bahwa pihaknya juga membuka peluang kepada pihak luar yang membutuhkan darah. 

"Belum lama ini kami mengirimkan ke Jambi. Tetapi prioritas utama tetap Malang Raya. Jika sudah terpenuhi dan masih ada stok, baru kami salurkan ke luar daerah," tandasnya. 

Baca Juga: 7 Tips Donor Darah Saat Puasa yang Bisa Kamu Praktekkan, Jangan Cemas!

Topic:

  • Faiz Nashrillah

JADWAL SALAT & IMSAK

27
MEI
2019
22 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You