Peminat SNMPTN UB Tahun Ini Tembus 40.094 

Penerimaan SNMPTN hanya 20 persen saja

Malang, IDN Times - Universitas Brawijaya (UB) menjadi salah satu PTN yang paling banyak diminati oleh calon mahasiswa baru. Hal itu terlihat dari pendaftar SNMPTN tahun 2022 di Universitas Brawijaya yang sangat tinghi. Berdasarkan data dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) jumlah peminat UB ada sebanyak 40.094 siswa dari seluruh Indonesia.

1. Saintek paling favorit

Peminat SNMPTN UB Tahun Ini Tembus 40.094 voxpop.id

Wakil Rektor Universitas Brawijaya Bidang Akademik, Aulanni'am menjelaskan bahwa dari jumlah peminat yang masuk, Saintek menjadi bidnah yang paling banyak diminati dengan Prodi Kedokteran yang tertinggi yakni mencapai 1.746 peminat. Kemudian diikuti Prodi Ilmu Keperawatan sejumlah 1.332 peminat dan Prodi Teknik Informatika dengan jumlah peminat 1.303 peminat. Berikutnya ada bidang Soshum yang menjadi favorit kedua. Progam Studi Ilmu Hukum menjadi yang paling banyak diminati dari bidang Soshum dengan jumlah mencapai 1.625 peminat. 

"Berikutnya ada Program studi Manajemen sebangak 1.569 dan yang ketiga adalah Program studi Ilmu Administrasi Bisnis sebanyak 1.141 peserta," paparnya Rabu (2/3/2022). 

Baca Juga: Catat! 5 Acara Hits di Unibraw yang Gak Boleh Kamu Lewatkan

2. Hasil SNMPTN hanya isi 20 persen kuota

Peminat SNMPTN UB Tahun Ini Tembus 40.094 infokampus.news

Aulanni’am menambahkan bahwa tahun ini kuota SNMPTN hanya mengisi sebanyak 20 persen dari kuota penerimaan. Kuota tersebut sudah sesuai dengan status Universitas Brawijaya yang saat ini PTNBH. Rencananya tahun ini, UB menerima mahasiswa baru sebanyak 15 ribu. 

"Jadi kalau 20 persen dri kuota, kemungkinan yang diterima lewat jalur SNMPTN kurang lebih 3000 mahasiswa baru," imbuhnya. 

3. SNMPTN dikelola langsung oleh LTMPT

Peminat SNMPTN UB Tahun Ini Tembus 40.094 Instagram.com/univ.brawijaya

Sementara itu, Aulanni'am menyebut bahaa untuk proses penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN seluruhnya dikelola oleh LTMPT. UB hanya mengambil berdasarkan kuota yang ditentukan. Tidak hanya nilai akademik saja yang berpengaruh namun prestasi kakak kelas yang berada di perguruan tinggi bersangkutan juga ikut dinilai serta catatan dari LTMPT. Salah satunya adalah angkatan sebelumnya dari sekolah yang sama lolos SNMPTN tetapi tidak daftar ulang setelah diterima.

"Kami sudah diberikan data dari LTMPT dan tinggal menentukan sesuai dengan kuota masing-masing fakultas," katanya.

4. Proses pendaftaran sudah berakhir

Peminat SNMPTN UB Tahun Ini Tembus 40.094 Kampus Universitas Brawijaya bersiap untuk daftar ulang mahasiswa baru dari jalur SNMPTN. IDN Times/Alfi Ramadana

Terlepas dari itu, untuk pendaftaran SNMPTN sendiri sudah berakhir pada 28 Februari 2022. Pengumuman akan di sampaikan pada tanggal 29 Maret 2022 Pukul 15.00 WIB melalui website selma.ub.ac.id. Setelah itu, calon mahasiswa yang dinyatakan lolos SNMPTN akan mendapat informasi untuk daftar ulang. 

Baca Juga: SNMPTN, Unej Sediakan 2.372 Kursi Bagi Calon Mahasiswa Baru 2022

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya