Kebakaran Gunung Panderman, Tak Ada Pendaki di Jalur Pendakian 

Tim gabungan masih terus lakukan pemadaman

Batu, IDN Times - Kebarakan terjadi di kawasan Gunung Panderman, Batu, Minggu (21/7) sekitar pukul 19.45 WIB. Titik api terpantau di hutan lereng gunung Panderman. Saat ini tim gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Perhutani, Kecamatan Batu, LMDH, PMI, dan beberapa relawan lainya tengah melakukan upaya pemadaman api. 

1. Tak ada korban jiwa

Kebakaran Gunung Panderman, Tak Ada Pendaki di Jalur Pendakian www.sukabumiupdate.com

Selama proses terjadinya kebarakan BPBD kota Batu memastikan bahwa tak ada korban jiwa. Dua pendaki terakhir atas nama Much Adnan Fanani serta Firgiawan Listanto dari Mojokerto sudah turun dengan selamat. Kedua pendaki tersebut ditemulan oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) bersama tim gabungna lain sekitar pukul 22.00 WIB. Sehingga dipastikan tidak ada pendaki yang berada di kawasan Gunung Panderman. 

"Dua pendaki tersebut sudah turun dan berada di pos pantau Gunung Panderman," beber Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD kota Batu, Achmad Choirur Rochim, Senin (22/7). 

2. Titik api mulai mengecil

Kebakaran Gunung Panderman, Tak Ada Pendaki di Jalur Pendakian IDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih jauh, Achmad Choirur Rochim menjelaskan bahwa berdasarkan pantauan tim gabungan, saat ini titik-titik api sudah mulai mengecil. Terutama melalui pantauan visual titik api yang berada di tengah. Sementara untuk titik api yang berada di atas dan bawah masih terpantau aktif dan cukup besar. 

"Aksi pemadaman dimulai pagi dengan titik kumpul pos pendakian gunung Panderman," imbuhnya. 

3. Buat sekat pembatas

Kebakaran Gunung Panderman, Tak Ada Pendaki di Jalur Pendakian IDN Times/ Alfi Ramadana

Untuk mengantisipasi kembali terjadinya kebakaran, tim gabungan sudah melakukan rencana antisipasi. Sesuai koordinasi dengan tim gabungan bahwa petugas akan berfokus untuk penyelamatan untuk area hutan produktif. Termasuk juga membuat sekat pembatas untuk membatasi api agar tak menyebar. 

"Kami buat sekat pembatas untuk membatasi agar api tidak meluas," jelasnya. 

Baca Juga: Kebakaran Gunung Lawu Hingga Kini Sulit Dipadamkan

4. Jalur pendakian ditutup sementara

Kebakaran Gunung Panderman, Tak Ada Pendaki di Jalur Pendakian IDN Times/ Alfi Ramadana

Akibat dari kebakaran tersebut, jalur pendakian untuk menunu gunung Panderman dan gunung Buthak untuk sementara waktu ditutup. Penutupan dilakukan untuk memudahkan petugas melakukan proses pemadaman api. 

"Penutupan dilakukan sampai waktu yang belum ditentukan," tandasnya. 

Baca Juga: 6 Pesona Jalur Pendakian Gunung Kelud via Karangrejo Blitar

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya