Kebakaran Gunung Arjuno Dipadamkam, BPBD Masih Pantau Titik Api

BPBD Kota Batu dapat bantuan dari BPBD Jatim

Batu, IDN Times - Kebakaran yang terjadi di Gunung Arjuno perlahan sudah berhasil dipadamkan. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh tim BPBD Kota Batu. Saat ini, titik api yang berada di area puncak Gunung Arjuno sudah mampu dikendalikan oleh tim pemadam yang diturunkan oleh BPBD Kota Batu. 

1. Masih terus pantau titik api

Kebakaran Gunung Arjuno Dipadamkam, BPBD Masih Pantau Titik ApiDok/ BPBD Kota Batu

Meskipun titik api sudah berhasil dipadamkan bukan berarti sudah selesai. Saat ini tin pemadam masih terus memantau situasi di area puncak. Terutama area yang menjadi titik utama api muncul. Pantauan tersebut untuk memastikan bahwa api sudah tak muncul lagi. 

"Titik api yang berada dipuncak sudah bisa dikendalikan dan akan terus dipantau intensif dalam 1-2 jam," papar Achmad Choirur Rochim, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu. 

2. Dapatkan bantuan dari BPBD Jatim

Kebakaran Gunung Arjuno Dipadamkam, BPBD Masih Pantau Titik ApiDok/ BPBD Kota Batu

Dalam proses pemadaman, tim BPBD Kota Batu juga mendapat bantuan dari BPBD Jawa Timur. Bantuan tersebut berupa dukungan logistik terutama bagi tim pemadam sejumlah 30 orang yang diterjunkan untuk melakukan pemadaman. 

"Untuk bantuan logistik dari BPBD Jawa Timur sudah tiba di lokasi Tahura R Soerjo," tambahnya. 

3. Cari penyebab kebakaran

Kebakaran Gunung Arjuno Dipadamkam, BPBD Masih Pantau Titik ApiDok/ BPBD Kota Batu

Setelah berhasil memadamkan api, kini tim BPBD menyiapkan rencana berikutnya. Sembari menyiapkan rencana, tim BPBD juga masih terus memantau kondisi gunung Arjuno sampai dengan sepekan kedepan. Selain itu, BPBD juga sudah menyiapkan beberapa langkah untuk mengetahui penyebab serta luasan area kebakaran. 

"Saat ini kami masih terus memantau situasi di puncak gunung Arjuno. Kemudian kami juga menyiapkan assesment untuk mencari tahu kronologi kebakaran, luasan area, vegetasi yang terbakar, sisa bara api serta potensi pendaki yang belum turun," sambungnya. 

Baca Juga: Puncak dan Lereng Gunung Arjuno Masih Berkobar, 90 Pendaki Dievakuasi

4. Jalur pendakian masih ditutup

Kebakaran Gunung Arjuno Dipadamkam, BPBD Masih Pantau Titik ApiIlustrasi Gunung Arjuno/flickr/Dell ConzTanTine

Meskipun sudah berhasil dipadamkan, namun saat ini jalur pendakian Arjuno Welirang masih belum dibuka. Pasalnya saat ini tim BPBD masih melakukan upaya assesment untuk memastikan penyebab kebakaran. 

"Rekomendasi dari tim yang di lapangan jalur pendakian masih ditutup sampai waktu yang belum ditentukan," tandasnya. 

Baca Juga: Kebakaran Hutan Gunung Arjuno, Pemadaman Masih Dilakukan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya