Comscore Tracker

Jalan Ambrol di Pujon, Jalur Malang-Kediri Ditutup Total

Longsor terjadi pada separuh badan jalan

Malang, IDN Times - Jalur Malang-Kediri tepatnya di wilayah Dusun Ngroto, Desa Lebaksari, Pujon, Kabupaten Malang ambrol. Separuh badan jalan ambrol dan membuat jalur Malang-Kediri itu tersisa hilang separuh. Ambrolnya jalan sendiri terjadi pada Jumat (5/3/2021) sekitar pukul 11.00 WIB.

Kondisi tersebut menyebabkan jalur tak bisa dilintasi kendaraan besar dan bahkan langsung ditutup total untuk perbaikan. Posisi jalan yang berdekatan dengan aliran sungai membuat sisi tepi tergerus saat arus deras tiba.  

1. Bahu jalan rusak parah

Jalan Ambrol di Pujon, Jalur Malang-Kediri Ditutup TotalPekerja mulai melakukan pembangunan fondasi plengsengan. Dok/Istimewa

Kapolsek Pujon, AKP Supriyanto menjelaskan bahwa saat ini jalur tersebut sudah ditutup untuk kendaraan besar. Hanya kendaraan roda dua saja yang masih diperbolehkan melintas. Sementara kendaraan roda empat dan lainnya diminta untuk sementara waktu mencari akses lain lantaran jalur tersebut rusak parah. 

"Mempertimbangkan kondisi bahu jalan rusak cukup parah jadi mulai pukul 11.00 WIB tadi jalur resmi ditutup sementara," katanya Sabtu (6/3/2021). 

2. Bukan pertama kali terjadi

Jalan Ambrol di Pujon, Jalur Malang-Kediri Ditutup TotalKondisi jalur Malang-Kediri yang ambrol. Dok/Istimewa

Selain jalan ambrol, kawasan jalur Malang-Kediri memang melintasi sejumlah titik yang rawan ambrol dan longsong. Beberapa waktu lalu akses sempat ditutup lantaran terjadi longsor yang menutup bahu jalan tak jauh dari titik jalur yang ambrol ini. Untuk itu, sementara waktu jalur ditutup guna dilakukan perbaikan. Estimasi perbaikan sendiri diperkirakan bakal selesai dalam dua pekan. 

"Kepada pengguna jalan terutama roda empat untuk sementara tidak melintas dulu di lokasi pembangunan plengsengan," tambah Supriyanto. 

Baca Juga: Kawasan Payung Longsor Lagi, Jalur Batu-Kediri Kembali Ditutup  

3. Proses perbaikan akan dikebut

Jalan Ambrol di Pujon, Jalur Malang-Kediri Ditutup TotalJalur Malang-Kediri yang ambrol di wilayah Pujon. Dok/istimewa

Saat ini, pekerja langsung melakukan perbaikan pada titik yang mengalami kerusakan. Perbaikan sendiri meliputi pembangunan ulang plengsengan yang ambrol. Tetapi kali ini dengan konstruksi yang lebih diperkuat agar tak mudar tergerus air sata debit meningkat. Perbaikan jalur provinsi tersebut memang menjadi prioritas lantaran menjadi akses utama menuju kawasan Malang bagian barat dan Kediri. Sebelum akhirnya ditutup total, jalur sempat tetap digunakan dengan sistem buka tutup. Hal itu menimbulkan kemacetan panjang. 

Baca Juga: Area Payung I Retak, Akses Batu-Kediri Dibatasi

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya