Diterjang Lahar, Jembatan Penghubung Malang-Lumajang Putus

Lalu lintas dialihkan ke Probolinggo

Lumajang, IDN Times - Erupsi yang terjadi di Gunung Semeru menyebabkan jalur penghubung wilayah Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang terputus. Hal tersebut terjadi setelah Jembatan Gladak Perak yang berada di Kecamatan Candipuro, Lumajang terputus. Jembatan tersebut diterjang lahar pasca erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021) petang. Akibat putusnya jembatan tersebut maka lalu lintas Lumajang - Kabupaten Malang terputus dan dialihkan menuju Probolinggo.

1. BPBD Lumajang benarkan hal tersebut

Diterjang Lahar, Jembatan Penghubung Malang-Lumajang PutusTangkapan gambar kondisi Jembatak Gladak Perak yang terputus pasca diterjang lahar gunung Semeru. Dok/istimewa

Kabid Penanggulangan Bencana dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi saat dikonfirmasi terkait hal tersebut membernarkan. Ia menyebut bahwa jembatan putus setelah diterjang lahar dingin pasca erupsi Gunung Semeru. Saat ini BPBD Kabupaten Lumajang memang masih melakukan pendataan terkait sejumlah kerusakan pasca erupsi. 

"Jembatan Gladak Perak terputus karena diterjang lahar," ucap Wawan, Sabtu (4/12/2021). 

2. Masih pantau kondisi di lokasi

Diterjang Lahar, Jembatan Penghubung Malang-Lumajang PutusGunung Semeru meletus (dok. PVMBG)

Sementara itu terpisah, Camat Pronojiwo,  Abdillah Irsyad menambahkan bahwa saat ini masih belum bisa memastikan apakah ada korban jiwa atau tidak dalam terputusnya Jembatan Gladak Perak. Setelah kejadian tersebut sejumlah personel gabungan dari kecamatan, termasuk polisi, TNI dan relawan kebencanaan langsung menuju ke lokasi untuk melakukan penjagaan. 

"Karena jembatan Gladak Perak putus, maka saat ini tidak ada akses Lumajang-Malang. Kami belum bisa update lebih jauh, karena sedang evakuasi untuk menghindari runtuhan material lagi," katanya. 

Baca Juga: [BREAKING] Gunung Semeru Keluarkan Awan Panas Sore Ini, Warga Panik

3. Akses komunikasi juga terputus

Diterjang Lahar, Jembatan Penghubung Malang-Lumajang PutusGunung Semeru meletus (dok. BNPB)

Selain akses jalan, erupsi Semeru juga membuat komunikasi disekitar kawasan terdampak ikut terputus. Listrik juga padam disekitar wailayah terdampak. Kondisi tersebut membuat tim masih kesulitan untuk berkomunikasi dan memberikan update terbaru kondisi di sekitar wilayah tersebut. 

"Saat ini kondisinya gelap gulita. Tidak ada listrik dan komunikasi juga sulit. Kami masih kesulitan untuk memantau kondisi wilayah-wilayah yang terdampak," tandasnya. 

Baca Juga: [BREAKING] Semeru Erupsi, Desa Sumberwuluh Lumajang Gelap Gulita

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya