Cerita Pasien Positif COVID-19 Kota Batu yang Sudah Sembuh 

Sempat panik karena tak ada gejala

Batu, IDN Times - Wabah virus corona memang masih belum terkendali. Sudah cukup banyak korban yang berjatuhan. Namun demikian, tak sedikit juga yang sudah dinyatakan sembuh dari COVID-19.

Salah satunya adalah kasus konfirmasi positif COVID-19 Kota Batu yang pertama. Pasien yang diketahui seorang wanita berinisal D itu dinyatakan sembuh. Ia pun membagikan cerita perjuangannya untuk bisa sembuh dari corona.

Cerita perjuangannya tersebut dibagikan melalui sebuah video. Dalam video tersebut tampak wanita yang sudah dinyatakan sembuh tersebut berbincang dengan Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, Drg Kartika Trisulandari.

1. Sempat panik karena tak ada gejala

Cerita Pasien Positif COVID-19 Kota Batu yang Sudah Sembuh D pasien pertama corona di Kota Batu yang akhirnya sembuh. Dok/ Humas Pemkot Batu

Awalnya, D tak mengetahui bahwa dirinya terpapar virus corona. Saat itu, sekitar tanggal 17 Maret, Puskesmas tempat dirinya bekerja di Kota Batu melakukan pemeriksaan kepada karyawan di sebuh hotel tempatnya bekerja. Satu per satu karyawan yang ada di hotel tersebut diperiksa dan dilakukan screening. Saat itu, D mengakui bahwa sepekan sebelum pemeriksaan tersebut dirinya sempat batuk ringan. 

"Yang menunjukkan gejala langsung dilakukan rapid test dan swab. Saat itu, saya juga dilakukan rapid test dan swab," bebernya Kamis (16/4). 

2. Baru ketahui hasil 10 hari kemudian

Cerita Pasien Positif COVID-19 Kota Batu yang Sudah Sembuh ANTARA FOTO/Jojon

Setelah dilakukan tes swab tersebut, perempuan itu tidak mengetahui bagaimana hasilnya. Baru sekitar 10 hari kemudian, atau tepatnya tanggal 27 Maret 2020, ia dihubungi oleh Puskesmas setempat bahwa hasil tes menyatakan dirinya positif COVID-19.

Tentu saja kabar tersebut membuat perempuan tersebut merasa panik dan syok. Sebab, ia merasa bahwa dirinya baik-baik saja tanpa ada gejala berarti sebelum dinyatakan positif COVID-19. 

“Sempat tidak percaya, dan syok juga. Sebab, saya merasa sehat-sehat saja dan tidak ada gejala. Saya juga langsung menghubungi kakak. Mendengar kabar itu kakak saya juga syok, tapi dia tetap berusaha memberikan semangat," tambahnya. 

Baca Juga: Kabar Baik, Satu Pasien COVID-19 Kota Batu Sembuh

3. Kuncinya selalu berfikir positif dan semangat

Cerita Pasien Positif COVID-19 Kota Batu yang Sudah Sembuh Kunci kesembuhan adalah selalu berfikir positif. Dok/ Humas Pemkot Batu

Setelah menjalani karantina selama dua pekan, ia pun dinyatakan sembuh pada 11 April 2020 lalu. D menyebut bahwa kunci utama kesembuhannya adalah selalu berfikir positif. Keyakinan dan semangan untuk bisa sembuh menjadi motivasi utama dirinya. Belum lagi dukungan dari orang terdekat juga memberikan suntikan motivasi tersendiri untuk dirinya bisa kuat dan terus berjuang sembuh. 

“Semua bergantung dari bagaimana cara kita melihat masalah. Maka saya tetap berfikir positif menghadapi semuanya. Kemudian petugas medis juga sangat luar biasa. Selain merawat, mereka juga memberi dukungan,” sambungnya. 

“Bagi siapapun yang terkena COVID-19, semoga cepat sembuh. Tetap buat diri kalian bahagia selalu berfikir positif," tandasnya. 

Baca Juga: Lagi, Tiga Pasien Corona di Kota Malang Sembuh

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya