Basarnas Temukan Korban Hilang di Pantai Watu Lepek 

Korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia

Malang, IDN Times - Upaya pencarian terhadap wisatawan yang hilang terseret ombak di Pantai Watu Lepek Malang akhirnya membuahkan hasil. Setelah menyisir kawasan pantai melalui jalur darat, tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan korban bernama Shepia Virgin Pradilla (20) dalam kondisi meninggal dunia pada Selasa (23/7) malam sekitar pukul 23.00 WIB.

1. Pencarian terhambat cuaca

Basarnas Temukan Korban Hilang di Pantai Watu Lepek Dok/ Basarnas

Tim SAR gabungan sebelumnya sempat kesulitan melakukan pencarian. Pasalnya cuaca pada saat yang bersamaan di kawasan pantai Selatan sedang tidak bagus. Sehingga tim SAR gabungan hanya bisa melakukan pencarian melalui jalur darat. 

Berdasarkan data yang diperoleh dari BMKG, kondisi cuaca di kawasan laut selatan Jawa Timur, seperti di wilayah pesisir pantai Malang, memang terpantau cerah. Namun, kecepatan tiupan angin laut berkisar diantara 10 sampai 30 knots, serta tinggi gelombang laut yang berkisar antara 2 sampai 4 meter.

"Oleh karena penyisiran laut belum memungkinkan untuk dilakukan, maka tim SAR gabungan mengerahkan lima SRU darat untuk melakukan penyisiran di kawasan pantai Watu Lepek,” ujar Satrio Nurridanto, komandan tim operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR). 

2. Sebar info kepada masyarakat

Basarnas Temukan Korban Hilang di Pantai Watu Lepek Dok/ Basarnas

Selama melakukan penyisiran darat ini, tim SAR gabungan juga menyebarluaskan informasi tentang kejadian ini kepada para warga maupun nelayan yang ada di sekitar lokasi. Jika mereka melihat tanda-tanda keberadaan korban, maka diharapkan agar melaporkannya kepada petugas yang sedang melakukan pencarian.

"Jika melihat tanda-tanda korban warga ataupun nelayan diminta untuk segera melapor," imbuhnya. 

3. Terjatuh saat berfoto

Basarnas Temukan Korban Hilang di Pantai Watu Lepek Dok/ Basarnas

Sementara itu, Ia menambahkan bahwa menurut keterangan dari saksi mata, kejadian yang dialami Sephia ini berawal saat Ia bersama teman-temannya berwisata di kawasan pantai Watu Lepek. Sekitar pukul 17.15 WIB, saat mereka asyik berfoto di tepi pantai, tiba-tiba ombak besar datang menghantam mereka. Sephia yang pada saat itu tidak sempat menyelamatkan diri, akhirnya terjatuh ke pantai dan ikut terbawa ombak.

Baca Juga: Kapal Motor di Sumenep Tenggelam, 10 Orang Dinyatakan Hilang

4. Turunkan lima tim pencarian

Basarnas Temukan Korban Hilang di Pantai Watu Lepek Dok/ Basarnas

Untuk memaksimalkan upaya pencarian, tim SAR gabungan menurunkan lima SRU darat pertama melakukan penyisiran sejauh satu kilometer, dari pesisir pantai Watu Lepek ke arah timur hingga sampai ke daerah Kajaran. SRU darat kedua melakukan penyisiran dari Kajaran ke arah timur hingga sampai ke daerah Kangen, jarak penyisirannya sejauh 1,5 kilometer. SRU darat ketiga melakukan penyisiran sejauh 2,5 km dari pantai Watu Lepek ke arah barat hingga sampai ke daerah Pawonan.

SRU darat keempat melakukan penyisiran dari Pawonan ke arah barat hingga ke daerah Taman Ayu dengan jarak penyisiran sejauh empat kilometer. Lalu SRU darat kelima, melakukan upaya penyisiran dengan menempuh jarak sejauh empat kilometer, yang dimulai dari kawasan pantai Watu Lepek hingga sampai di daerah Bunjaran. Setelah berhasil dievakuasi dari lokasi penemuanya, jenazah langsung diserahterimakan kepada pihak keluarga.

Baca Juga: Kapal Tenggelam di Sumenep, Lewat Pelabuhan Liar dan Tak Penuhi Syarat

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya