Bantu Siswa, Kelurahan Bandulan Siapkan Fasilitas Wifi Gratis

Siapkan wifi gratis di Balai Kelurahan

Malang, IDN Times - Sebuah terobosan menarik dilakukan oleh pemerintah Kelurahan Bandulan, Kota Malang. Mereka membantu siswa yang kesulitan dalam menghadapi sistem belajar daring dengan menyediakan fasilitas internet gratis.

1. Siapkan wifi gratis di Balai Kelurahan

Bantu Siswa, Kelurahan Bandulan Siapkan Fasilitas Wifi GratisWali Kota Malang saat melihat langsung proses belajar daring di Kelurahan Bandulan. IDN Times/ Alfi Ramadana

Internet gratis yang disiapkan tersebut diletakkan di Balai Pertemuan Kantor Kelurahan Bandulan, Kota Malang. Terlihat pada Selasa (4/8/2020), beberapa siswa Sekolah Dasar (SD) belajar secara daring. Mereka membawa buku serta memegang gadget guna melakukan belajar secara daring. Namun para siswa tersebut tetap menerapkan protokol pencegahan COVID-19 dengan memakai masker serta mencuci tangan sebelum masuk ke ruangan. Pada masing-masing meja juga disiapkan hand sanitizer serta makanan ringan.

"Awalnya itu ada warga yang mengeluhkan bila dirinya akan menjual barang untuk beli kuota. Setelah itu, kemudian kami berdiskusi dengan jajaran untuk mencoba mencarikan solusi," papar Lurah Bandulan, Dian Sonyalia Caturrina, Selasa (4/8/2020).

2. Jam operasional sesuai buka kantor lurah

Bantu Siswa, Kelurahan Bandulan Siapkan Fasilitas Wifi GratisPexels/Julia M Cameron

Fasilitas ini sendiri bisa dimanfaatkan sesuai jam buka kantor lurah yang buka hingga pukul 16.00 WIB. Selama proses belajar daring, siswa boleh menggunakan fasilitas wifi secara gratis tanpa dipungut biaya sedikitpun. Namun, kapasitas ruangan tersebut terbatas hanya untuk 10 orang. Maka dari itu, siswa harus bergantian ketika menggunakan fasilitas tersebut.

"Satu kali sesi belajar bisa digunakan maksimal 10 orang. Mereka diberi waktu selama dua jam. Setelah itu gantian dengan rekan lainnya," tambahnya. 

3. Pemkot Malang beri apresiasi

Bantu Siswa, Kelurahan Bandulan Siapkan Fasilitas Wifi GratisWali Kota Malang, Sutiaji memimpin rapat koordinasi penyusunan Perwal transisi new normal. Dok/ Humas Pemkot Malang

Terpisah, Wali Kota Malang, Sutiaji memberikan apresiasi luar biasa atas inisiatif yang dilakukan Kelurahan Bandulan. Bahkan Sutiaji menyatakan bahwa apa yang dilakukan Kelurahan Bandulan tersebit bisa menjadi cobtoh bagi kelurahan lain. Sebab, memang sudah selayaknya kelurahan memberikan fasilitas kepada warganya untuk mendapat akses pendidikan. Dalam hal ini membantu anak-anak bisa belajar daring. 

"Kami sampaikan kalau bisa, nanti bandwidth-nya dinaikkan lagi agar mempermudah siswa," katanya. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi HP Rp1 Jutaan untuk Anak Sekolah, Bantu Belajar di Rumah

4. Siswa sangat terbantu

Bantu Siswa, Kelurahan Bandulan Siapkan Fasilitas Wifi GratisBelajar online. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Sementara itu, salah satu siswa SDN 04 Bandulan, Diah Ayu Tri Lestari yang turut memanfaatkan fasilitas tersebut mengakui sangat terbantu. Ia merasa sangat senang karena akhirnya bisa dengan lancar mengerjakan tugas di balai pertemuan Kantor Kelurahan Bandulan. Fasilitas tersebut juga membuat dirinya semakin bersemangat untuk tetap belajar meskipun masih dalam masa pandemik COVID-19. 

"Tadi saya mengerjakan tugas mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Saya datang sama saudara. Karena pakai internet tugasnya jadi cepat selesai," pungkasnya. 

Baca Juga: Belajar dari Rumah, Kisah Ermawati dan Siswanya di Lereng Semeru

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya