Banjir Bandang Kota Batu, Satu Orang Hanyut  

Banjir bandang terjang lima desa

Batu, IDN Times - Banjir Bandang menerjang lima desa di Kota Batu, pada Kamis, (4/11/2021) sekitar pukul 15.00 WIB. Lima titik yang terkena terjangan air adalah Dusun Sambong, Beru, Desa Bulukerto, Desa Sidomulyo, Desa Sumberbrantas, Desa Tulungrejo. Akibat kejadian tersebut, satu orang dilaporkan hanyut dan saat ini masih dilakukan upaya evakuasi. 

1. Hujan terjadi dengan intensitas tinggi

Banjir Bandang Kota Batu, Satu Orang Hanyut  Kondisi terkini di Desa Bulukerto, Kota Batu pasca banjir bandang. IDN Times/Alfi Ramadana

Pada kamis (4/11/2021) hujan intensitas tinggi mengguyur Kota Batu dan sekitarnya. Hal itu menyebabkan debit air meningkat. Kemudian ditambah lagi air kiriman dari atas menambah deras laju air. Debit yang sangat tinggi membuat air meluap dan menerjang apa apa yang ada didepannya. 

"Tercatat 5 titik lokasi di Kota Batu tergenang banjir bandang. Sampai dengan saat ini masih dilakukan penanganan dan evakuasi korban terdampak," papar Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, A Choirur Rochim, Kamis (4/11/2021). 

Baca Juga: Kota Batu Level 2 PPKM, Arjuno Welirang Masih Tutup  

2. Satu orang dilaporkan hanyut

Banjir Bandang Kota Batu, Satu Orang Hanyut  Ilustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Berdasarkan data dari BPBD Kota Batu, satu orang dinyatakan hanyut atas nama Bayu Agung Setiawan, warga Desa Toyomarto, Desa Pesanggrahan. Saat ini tim sedang berupaya melakukan evakuasi dengan melakukan evakuasi di kawasam Desa Bulukerto. 


"Untuk kerusakan lainnya masih kami lakukan pendataan," tambahnya. 

3. Kejadian sangat cepat

Banjir Bandang Kota Batu, Satu Orang Hanyut  Petugas sedang melakukan evakuasi di Desa Bulukerto, Kota Batu. IDN Times/Alfi Ramadana

Sementara itu, Yono, warga RT 3 RW 2 Dusun Kliran, Desa Bulukerto menjelaskan bahqa kejadian sangat cepat. Saat waktu Ashar belum ada tanda-tanda banjir besar. Tetapi tiba-tiba kemudian air langsung turun deras dengan ketinggian sekitar 3 meter. 


"Sekitar satu jam kemudian air mulai surut. Banyak material kayu yang ikut terbawa air," tandasnya. 

 

Baca Juga: Banjir Besar Terjang Desa Sumber Brantas Kota Batu 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya