Adi Wibowo, Mantan Tenaga Ahli BPK yang Jadi Wawalkot Pasuruan

Putra Temanggung yang memilih mengabdi di Pasuruan

Paasuruan, IDN Times - Kota Pasuruan kini memiliki sosok pemimpin yang sangat berpengalaman. Ada sosok Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul menduduki jabatan sebagai Wali Kota Pasuruan. Sementara sebagai pendamping Gus Ipul ada sosok anak muda bernama Adi Wibowo.

Kombinasi duet ini dinilai akan membawa perkembangan signifikan untuk Kota Pasuruan. Tak seperti Gus Ipul yang sudah sangat dikenal, sosok Adi Wibowo belum banyak berkiprah dan dikenal didunia politik. Lalu seperti apa sosok Adi Wibowo, berikut beberapa fakta tentang Wakil Wali Kota Pasuruan itu. 

1. Adi Wibowo berasal dari Temanggung

Adi Wibowo, Mantan Tenaga Ahli BPK yang Jadi Wawalkot PasuruanProses pelantikan Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Jumat (26/2/2021). Dok istimewa

Adi Wibowo lahir di Temanggung, Jawa Tengah, pada 26 Mei 1980. Masa kecil Adi Wibowo banyak dihabiskan di Temanggung. Ia memulai pendidikan di SDN 1 Ngemplak, Kandangan Temanggung dan lulus tahun 1992. Ia kemudian melanjutkan ke SMPN 1 Kandangan, Temanggung dan lulus pada tahun 1995.

Setelah itu, Adi Wibowo melanjutkan ke SMAN 3 Temanggung dan lulus tahun 1998. Pasca menuntaskan pendidikan menengah, Adi Wibowo kemudian berkuliahdi Universitas Negeri Jember dan lulus tahun 2004. Lalu kembali melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia dan lulus tahun 2008.

2. Sempat tempati beberapa jabatan penting

Adi Wibowo, Mantan Tenaga Ahli BPK yang Jadi Wawalkot PasuruanCalon wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo saat safari kampanye kepada warga. Instagram/gusipulmasadi

Sebelum terjun ke dunia politik, Adi Wibowo sempat bekerja dan menempati beberapa jabatan strategis. Ia pernah bekerja sebagai Tim teknis Bappenas (Deputi Bidang Pengembangan Regional dan Otonomi), Tenaga Ahli Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI), dan Tenaga Ahli Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Baru pada tahun 2018 Adi Wibowo memulai karir politik dengan menjadi bagian dari Partai Golongan Karya. Sempat menjabat sebagai Ketua PP Angkatan Muda Partai Golkar tahun 2018-2019, Adi Wibowo kemudian diduetkan dengan Gus Ipul pada Pilkada 2020 lalu. 

Baca Juga: Profil Saifullah Yusuf, Mantan Wakil Gubernur yang Kini Jadi Wali Kota

3. Terpilih menjadi wakil Wali Kota Pasuruan

Adi Wibowo, Mantan Tenaga Ahli BPK yang Jadi Wawalkot PasuruanPasangan calon wali kota dan wakil wali kota Pasuruan, Raharto Teno-M Hasjim usai debat. Instagram/rahartoteno

Pada Pilkada 2020 lalu, Gus Ipul - Adi Wibowo bersaing dengan pasangan Raharto Teno - Hasjim Asari. Setelah melalui pertarungan yang cukup sengit, pada saat pemilihan dimulai pasangan Gus Ipul - Adi Wibowo mampu unggul cukup jauh. Gus Ipul - Adi Wibowo berhasil mendapatkan 67,9 persen suara. Keduanya kemudian dilantik menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan pada 26 Februari 2021 lalu. 
 

Baca Juga: Dilantik Jadi Wali Kota Pasuruan, Khofifah Sebut Gus Ipul Top Mentor!

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya