Seorang Wisatawan Tewas Usai Aksi Jumping Motor di Bromo

Video aksi remaja tersebut viral  

Malang, IDN Times - Sebuah peristiwa tragis terjadi di lautan pasir, Gunung Bromo. Seorang remaja tewas setelah melajukan aksi jumping motor di lautan pasir. Peristiwa tersebut terekam kamera dan sempat menjadi viral.

Dalam video berdurai 25 detik itu, terlihat seorang tengah mengendarai sepeda motor dalam kecepatan tinggi. Kemudian pengendara itu melewati gundukan tanah. Saat itu, pengendara kemudian terlempar jatuh dengan posisi kepala membentur pasir terlebih dahulu. Pada saat kecelakaan korban tidak memakai helm. 

1. Langsung terkapar di lokasi

Seorang Wisatawan Tewas Usai Aksi Jumping Motor di BromoTangkapan gambar seorang saat seorang wisatawan melakukan aksi jumping di lautan pasir Bromo. Dok/istimewa

Usai terjatuh, remaja itu langsung terkapar seketika. Korban sempat dievakuasi ke Puskesmas Sukapura, namun nyawanya tak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia.

Setelah dilakukan penelusuran, pengendara motor tersebut diketahui bernama Ghulam Ahmad Syahrul Jali (18), warga Jl KH Malik Dalam bomor 3 RT 01 RW 02, Kelurahan Kedungkandang, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Diketahui korban langsung meninggal di tempat usai aksi jumping dengan motor tersebut. Berdasarkan informasi yang beredar, peristiwa itu terjadi pada Senin (7/11/2022). 

Baca Juga: Viral Wisatawan Asing Kencing di Kawah Bromo, Begini Kata TNBTS

2. TNBTS sesalkan peristiwa itu

Seorang Wisatawan Tewas Usai Aksi Jumping Motor di BromoIlustrasi Mayat (IDN Times/Mardya Shakti)

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarif Hidayat saat dikonfurmasi menyatakan menyesalkan peristiwa kecelakaan tersebut. Namun, ia menjelaskan bahwa kecelakaan tersebut murni disebabkan oleh wisatawan sendiri. Korban memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi dan tak memperhitungkan kondisi medan di lokasi. 

"Kami selalu menyampaikan bahwa pengunjung harus lebih waspada dalam berkendara. Keselamatan harus diutamakan dalam berkendara dan pastinya harus memahami serta menguasai medan," terangnya Selasa (8/11/2022). 

3. Wisatawan harus lebih pedulikan keselamatan

Seorang Wisatawan Tewas Usai Aksi Jumping Motor di BromoTangkapan gambar aksi jumping seorang wisatawan di lautan pasir Bromo. Dok/istimewa

Lebih jauh, Sarif menambahkan bahwa sebenarnya peristiwa yang terjadi pada Senin pagi itu bisa dihindarkan jika wisatawan mengedepankan keselamatan berkendara. Ia berharap peristiwa tersebut bisa menjadi pembelajaran bagi wisatawan lain. 

"Kalau lebih tertib dalam berkendara, maka hal-hal yang membahayakan dan bisa menimbulkan kecelakaan dapat dihindari," tandasnya. 

Baca Juga: 7 Penginapan Dekat Wisata Gunung Bromo, Bisa Lihat Bromo dari Sini!

Alfi Ramadana Photo Community Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya