Rumah Terbakar Gegara Charge HP, Siswi di Banyuwangi Kritis

Korban sedang dirawat intensif di RSUD terdekat

Banyuwangi, IDN Times - Seorang siswi berinisial MW (16) mengalami luka bakar di sekujur tubuhnya. Siswi tersebut menjadi korban dari insiden rumah terbakar di Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi pada Senin (12/8/2024). Korban dilaporkan menderita luka bakar menyeluruh hingga 85 persen. 

1. Luka bakar di sekujur tubuh

Rumah Terbakar Gegara Charge HP, Siswi di Banyuwangi KritisKorban kebakaran di Desa Jambewangi, Sempu, Banyuwangi, sedang dirawat. (Istimewa)

Koordinator Damkar Genteng, Sutikno mengatakan bahwa kebakaran terjadi pada siang tadi. Menurut laporan warga sekitar, titik api pertama kali diketahui sekitar pukul 11:30 WIB. Namun, karena api belum membakar keselurhan rumah, warga sekitar sudah berhasil memadamkannya. Tim pemadam yang datang juga memastikan tidak ada lagi titik api yang tersisa. 

"Siang ini kejadiannya, namun saat tiba di lokasi api sudah padam. Tim kemudian melakukan pedinginan untuk memastikan api tidak tersulut kembali," ungkap Sutikno kepada IDN Times. 

Sutikno mengatakan, api hanya melahap sebagian ruangan di rumah tersebut. Termasuk satu kamar dan isinya yang hangus terbakar. Namun demikian, insiden kebakaran tersebut menyebabkan korban MW mengalami luka bakar hebat. Korban harus dilarikan di rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan. Menurut laporan yang diterima Sutikno, korban mengalami luka bakar hingga 85 persen.

"Korban langsung dilarikan di RSUD Genteng untuk mendapatkan pertolongan akibat luka bakar yang diderita," kata Sutikno.

Baca Juga: Joki Skripsi di Banyuwangi, Ada yang Ngaku 'Bermitra' dengan Dosen

2. Diduga karena nge-charge HP

Rumah Terbakar Gegara Charge HP, Siswi di Banyuwangi KritisKebakaran di Desa Jambewangi, Sempu, Banyuwangi. (Istimewa)

GP (38) salah satu tetangga korban mengatakan, sebelum azan zuhur dari rumah yang terbakar tersebut terdengar suara jeritan korban. Korban diketahui histeris meminta pertolongan di dalam kamarnya. Warga yang mendapati kondisi tersebut kemudian bergegas melakukan pertolongan dan berusaha memadamkan api. 

"Korban berteriak meminta tolong, itu sudah dalam kondisi terluka," kata GP.

Sumber api disebutkan berasal dari kamar korban. Korban diketahui sedang tertidur pulas sepulang sekolah. Diduga, korban tertidur sembari mengisi baterai ponsel yang masih tersambung dengan charger yang diletakkan di atas kasur. "Kata warga gara-gara ngecas HP lalu ketiduran. Posisi HP diletakkan di atas kasur, dianya tidur. Nah mungkin terjadi konslet dan membakar kasur. Lalu merembet," ungkap GP.

3. Korban sendirian di rumah saat kebakaran

Rumah Terbakar Gegara Charge HP, Siswi di Banyuwangi KritisKebakaran di Desa Jambewangi, Sempu, Banyuwangi. (Istimewa)

Kapolsek Sempu, AKP Nanang Wardana mengatakan, pada saat insiden kebakaran terjadi korban seorang diri di dalam rumah. Saat nahas berlangsung, ibu korban sedang bekerja di luar rumah. Sementara adik korban sedang bersekolah. Untuk kerugian ditaksir mencapai Rp10 juta. 

"Kebetulan korban tinggal bersama ibu dan adiknya. Pas kejadian hanya korban yang ada di dalam rumah. Sementara untuk estimasi kisaran Rp10 juta untuk kerugian total," kata Nanang.

Baca Juga: Harga Cabai di Banyuwangi Melonjak, Diprediksi Bakal Terus Naik

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya