Relawan Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso Deklarasi Prabowo 1 Putaran

Relawan ini didominasi pemuda Muhammadiyah

Banyuwangi, IDN Times - Relawan Bergerak 1912 dari Kabupaten Bayuwangi, Kabupaten Situbondo dan Bondowoso mendeklarasikan serentak dukungan untuk pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Mereka optimistis Prabowo akan menang satu putaran.

Koordinator Daerah Bergerak 1912 Banyuwangi, Ilham mengatakan, deklarasi ini akan semakin mempertebal kemenangan Prabowo-Gibran di Banyuwangi. Dia yakin, target kemenangan satu putaran pun bisa diwujudkan. Dia mengklaim, relawan 1912 di Banyuwangi terhimpun dari seluruh desa di Banyuwangi yang didominasi oleh kelompok pemuda. Untuk di Banyuwangi, deklarasi dilakukan di kawasan pantai Boom.

"Target kita mempertebal kemenangan Prabowo di Banyuwangi, sehingga terwujud kemenangan satu putaran," ujar Ilham, Kamis (8/2/2024).

Sementara dari Relawan Bergerak 1912 Bondowoso, deklarasi dilakukan di alun-alun Gerbong Maut. Tasir, koordinator sekaligus Ketua Pemuda Muhammadiyah (PDPM) setempat, mengatakan gerakan ini terdiri dari warga Muhammadiyah. Meski begitu, ia menyatakan bahwa persyarikatan Muhammadiyah ini tidak terafiliasi dengan partai manapun.

Dia mengatakan, Relawan Bergerak 1912 sendiri telah teregister di Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran. Para relawan tersebut merupakan perwakilan dari angkatan muda Muhammadiyah secara keseluruhan.

"Kita yang tergabung di gerakan 1912 memiliki target kemenangan Prabowo-gibran di Jawa Timur, sehingga terwujud kemenangan satu putaran. Kita optimis untuk itu," kata Tasir.

Deklarasi serupa juga dilakukan di Kabupaten Situbondo, tepatnya di Beach Forest. Koordinator Daerah Bergerak 1912 Situbondo, M Rifky Ahmad Zidane, mengatakan semua relawan akan melakukan canvasing hingga ke tingkat akar. Ini dilakukan untuk meyakinkan kepada publik bahwa pasangan Prabowo-Gibran merupakan satu-satunya pilihan terbaik pada Pilpres 2024 nanti.

Menurutnya, politik yang dilakukan Muhammadiyah adalah politik Kebangsaan. Namun, Muhammadiyah membebaskan seluruh warganya untuk memilih dan terlibat dalam politik praktis dengan tabayyun mereka masing-masing.

"Setidaknya ada 30 total Relawan Bergerak 1912 di Situbondo yang hadir dalam deklarasi ini. Mayoritas dari mereka merupakan relawan berbasis Kecamatan yang nantinya digerakkan untuk melakukan canvasing," ujarnya. 

Baca Juga: Respons Puan Saat Kampanye Ganjar Dihadiri Pendukung Prabowo

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya