Peselancar Australia Hilang Digulung Ombak Pantai Selatan Banyuwangi

Pencarian masih dilakukan

Banyuwangi, IDN Times - Seorang wisatawan asal New South Wales, Australia, dilaporkan hilang di kawasan perairan Banyuwangi, Jawa Timur. Wisatawan yang diketahui bernama Gunther Henry Kitzler (57) terjatuh ke laut saat berselancar di kawasan pantai selatan, Grajagan.

1. Kejadian pagi, laporan siang

Peselancar Australia Hilang Digulung Ombak Pantai Selatan BanyuwangiPapan surfing milik korban. (Basarnas)

Menurut keterangan Koordinator Basarnas Banyuwangi, Wahyu Setya Budi, bule tersebut dilaporkan hilang pada Senin, (4/3/2024) pukul 10.40 WIB. Sementara menurut saksi mata, waktu kejadian diperkirakan terjadi pada pukul 06. 00 WIB. Mendapatkan laporan tersebut, tim SAR langsung bergegas untuk melakukan pencarian.

"Laporan kami terima, selanjutnya tim langsung bergegas menuju lokasi untuk melakukan pencarian," kata Wahyu, Senin (4/2/2024).

2. Upaya pertolongan gagal

Peselancar Australia Hilang Digulung Ombak Pantai Selatan Banyuwangi(Ilustrasi korban tenggelam) IDN Times/istimewa

Menurut Wahyu, kronologi hilangnya bule tersebut berawal saat korban sedang berselancar bersama dua rekannya, yakni Wiley Paul Adrian (49) dan Christoper Max (54). Ketiganya berselancar sekitar pukul 05.30 WIB. Dilaporkan, korban adalah orang pertama yang menuju perairan. Sementara dua orang lainnya menyusul sekitar 10 menit kemudian.

Tak berselang lama, kedua kawannya yang menyusul melihat papan surfing milik korban mengapung. Setelah dihampiri, terlihat kaki korban masih terikat di papan surfing. Namun, korban diceritakan sudah tenggelam.

"Rekannya kemudian berusaha menolong, mencoba membawa ke tepi. Namun karena ombak besar tali yang mengikat di kaki korban putus," kata Wahyu.

3. Korban masih dalam pencarian

Peselancar Australia Hilang Digulung Ombak Pantai Selatan BanyuwangiIlustrasi tenggelam (IDN Times/istimewa)

Setelah tali pengikat putus, kedua rekannya kehilangan tubuh korban. Ombak besar langsung menghanyutkan korban dengan sekejap. Dalam kondisi terombang-ambing di permukaan, kedua rekannya masih berupaya mencari. Namun pencarian tidak membuahkan hasil setelah sekian lama.

"Pencarian dilakukan oleh tim SAR gabungan. Basarnas, BPBD, TNI Polri dan juga relawan. Termasuk warga setempat," katanya.

Baca Juga: Senyum Getir Petani Banyuwangi Meski Harga Gabah Tinggi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya