Peselancar Australia Ditemukan Tewas di Pantai Selatan Banyuwangi

Terseret arus bawah laut hingga 5 kilometer

Banyuwangi, IDN Times - Wisatawan asal New South Wales, Australia, bernama Gunther Henry Kitzler akhirnya ditemukan tewas setelah sehari sebelumnya, Senin (4/3/2023) dilaporkan hilang di kawasan perairan Banyuwangi, Jawa Timur. Pria berusia 57 tahun tersebut, diempaskan ombak dan tenggelam di kawasan laut selatan, Pantai Grajagan.

1. Terseret arus sejauh 5.000 meter

Peselancar Australia Ditemukan Tewas di Pantai Selatan BanyuwangiMayat wisatawan Australia yang tewas di Pantai Selatan Banyuwangi. (Basarnas)

Menurut keterangan Koordinator Basarnas Banyuwangi, Wahyu Setya Budi, korban ditemukan tewas mengapung cukup jauh dari pesisir. Tubuh korban terseret arus laut hingga 5 kilometer dari lokasi korban berselancar. Korban terseret arus hingga di perairan Marengan, Pantai Bedul. Mayatnya ditemukan sekitar pukul 08:46 WIB, setelah melakukan pencarian hari kedua sejak pukul 06:30 WIB.

"Korban berhasil ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Posisi korban kira-kira berada di radius 5 kilometer dari titik hilang awal dilaporkan," kata Wahyu kepada IDN Times, Selasa (5/3/2024).

Baca Juga: Peselancar Australia Hilang Digulung Ombak Pantai Selatan Banyuwangi

2. Ombak ganas pantai Selatan Banyuwangi

Peselancar Australia Ditemukan Tewas di Pantai Selatan BanyuwangiPencarian tim SAR. (Basarnas)

Wahyu mengatakan, pencarian sempat terkendala karena faktor cuaca. Meskipun cuaca cerah, namun ombak lepas di pantai Selatan Banyuwangi cukup tinggi. Tinggi ombak yang saat ini mencapai 2 meter lebih, menjadi perhatian utama tim SAR. Adapun pencarian yang dilakukan melibatkan sejumlah unsur. Mulai dari Basarnas, BPBD, TNI Polri, dibantu relawan, komunitas sosial dan juga nelayan setempat.

"Cuaca cerah berawan. Pencarian terkendala karena faktor alam berupa ombak yang cukup tinggi. Mencapai dua meter atau bisa lebih," kata Wahyu.

3. Jenazah dievakuasi ke RSUD

Peselancar Australia Ditemukan Tewas di Pantai Selatan BanyuwangiPencarian tim SAR. (Basarnas)

Setelah ditemukan, tim SAR selanjutnya segera mengevakuasi mayat korban untuk selanjutnya diserahkan ke RSUD Blambangan. Dengan ditemukannya korban, Wahyu mengatakan operasi pencarian dinyatakan selesai dan ditutup.

"Pencarian dinyatakan selesai dan ditutup. Jenazah korban sudah diserahkan ke RSUD Blambangan untuk proses sesuai SOP," katanya.

Diberitakan sebelumnya, korban dilaporkan hilang sehari sebelumnya pada pukul 10:40 WIB. Korban diketahui sedang berselancar bersama dua rekannya. Yakni Wiley Paul Adrian (49) dan Christoper Max (54). Namun nahas dialami oleh korban, dia tenggelam setelah terhempas ombak besar. Meskipun sempat ditolong rekannya, namun tubuh korban hanyut seketika.

Baca Juga: Kades di Banyuwangi Lolos Ancaman Pidana Pemilu

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya