Mudik Lebaran, Pesawat Banyuwangi - Surabaya Bisa PP Setiap Hari

Banyak pilihan transportasi pulang kampung halaman

Banyuwangi, IDN Times - Memasuki masa mudik lebaran idul fitri 2024, jadwal penerbangan di bandara Banyuwangi diperketat. Layanan pesawat rute penerbangan Banyuwangi - Surabaya dijadwalkan bolak-balik terbang setiap hari. Layanan setiap hari ini dilakukan sejak bulan April saat ini.

1. Banyuwangi - Surabaya gunakan maskapai Wings Air

Mudik Lebaran, Pesawat Banyuwangi - Surabaya Bisa PP Setiap Hariilustrasi dokumen perjalanan (pexels.com/RDNE Stock project)

Eksekutif General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Banyuwangi, Johan Seno Acton mengatakan, penambah jam terbang juga dilakukan untuk rute Banyuwangi - Jakarta dan sebaliknya. Hal ini dilakukan khusus selama musim mudik lebaran guna mempermudah masyarakat pulang kampung selama masa liburan.

Jika sebelumnya layanan ini hanya dibuka sebanyak tiga kali dalam satu pekan, mulai tanggal 1 April layanan sudah dibuka setiap hari. Untuk maskapai penerbangan ini, pihak bandara menggunakan Wings Air.

"Mulai April ini, kita layani full setiap hari. Banyuwangi - Surabaya, Jakarta dan sebaliknya," kata Johan, Selasa (2/4/2024).

Baca Juga: Harga Tomat di Banyuwangi Meroket Rp32 Ribu Perkilo

2. Banyuwangi - Jakarta gunakan maskapai Batik dan Jet Air

Mudik Lebaran, Pesawat Banyuwangi - Surabaya Bisa PP Setiap HariIlustrasi mudik (unsplash.com/JESHOOTS.COM)

Sementara untuk penerbangan langsung rute Banyuwangi - Jakarta dan sebaliknya, maskapai yang digunakan yakni Batik Air. Namun kali ini ada tambahan maskapai menggunakan Jet Air yang bisa melayani setiap hari.

Johan memprediksi, puncak arus mudik lebaran tahun ini terjadi H-4. Sebab itu, posko lebaran akan didirikan mulai Rabu 3 April hingga 15 April mendatang. Sebab itu, dia berharap transportasi udara ini diharapkan menjadi salah satu pilihan untuk memberikan kenyamanan dan kelancaran selama mudik.

"Puncak arus mudik diprediksi terjadi H minus 4 (H-4) lebaran, sementara puncak arus balik di H minus 4," katanya.

3. Okupansi meningkat 100 persen selama mudik

Mudik Lebaran, Pesawat Banyuwangi - Surabaya Bisa PP Setiap Hariilustrasi anggaran selama mudik (Unsplash.com/Artem Beliaikin)

Johan menyatakan, pengguna layanan penerbangan mudik lebaran ini meningkat hampir 100 persen dalam beberapa hari terakhir. Untuk beberapa hari kedepannya, tiket mudik ke Banyuwangi nyaris terjual sepenuhnya. Untuk mendukung layanan penerbangan setiap hari ini, pihak bandara juga telah meningkatkan dan perbaikan fasilitas di Bandara Banyuwangi.

"Okupansi biasanya 70 hingga 80 persen, namun untuk beberapa hari ini semuanya full. Kami juga melakukan perbaikan dan penambahan fasilitas untuk menambah kenyamanan calon penumpang," katanya.

Baca Juga: Penyeberangan Ketapang Banyuwangi Ditutup 11 Maret Dini Hari

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya